Mudik Lebaran 2022 Diizinkan Jokowi, Produsen Mobil di Indonesia Tersenyum Lebar

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 08 Apr 2022 17:24 WIB
All New Honda BR-V
Dibolehkannya mudik lebaran tahun 2022 akan berdampak terhadap penjualan mobil di Indonesia. Foto: Dok. Honda Prospect Motor (HPM)
Jakarta -

Presiden Jokowi mempersilahkan masyarakat Indonesia yang ingin pulang kampung (mudik) di momen libur lebaran 2022 nanti. Kebijakan ini pun dinilai positif oleh produsen mobil di Tanah Air lantaran bisa meningkatkan penjualan kendaraan roda empat.

Setelah mudik lebaran dilarang pada 2020 dan 2021 akibat pandemi virus Corona (COVID-19), akhirnya tahun 2022 ini pemerintah memutuskan untuk tidak memberlakukan lagi kebijakan larangan mudik tersebut.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, menanggapi positif kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah terkait diperbolehkannya mudik tahun ini.

Menurut Billy, kebijakan itu bisa berarti banyak hal, mulai dari tanda-tanda pandemi sudah bisa terkontrol, aktivitas masyarakat semakin banyak, roda ekonomi berputar, dan tentunya hal itu sangat baik untuk industri otomotif Indonesia, termasuk ke penjualan mobil baru.

"Seperti di bulan Maret, kami menyuplai banyak BR-V karena permintaan LSUV cukup banyak di masa-masa 'boleh mudik'. Jadi sekitar 4.000 unit kami menyuplai BR-V dan bulan kemarin pencapaian total nasional itu 9.554 unit, naik sekitar 12% kalau dibandingkan bulan lalu (sebelumnya) 8.400-an," ungkap Billy di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat (7/4/2022).

Lanjut Billy menambahkan, diperbolehkannya mudik 2022 oleh pemerintah diharapkan bisa mendongkrak penjualan mobil secara signifikan, sebab data penjualan Februari mengalami penurunan cukup banyak.

"Kami yakin industri otomotif meningkat tinggi karena bulan Februari itu dropnya jauh ya. Dari Januari 74 ribu (78 ribu-Red), Februari 69 ribu, sepertinya Maret itu bisa 89 ribuan. Itu penjualan ritel, wholesales mungkin bisa lebih banyak lagi. Itu sangat baik," sambung Billy.

"Jadi dengan pengumuman boleh mudik, tentunya kami menyiapkan semuanya supaya permintaan di bulan ini bisa kami suplai secepat-cepatnya, terutama produk-produk seperti LSUV kami All New Honda BR-V," tukasnya.

(lua/lth)