Pesanan All New Honda HR-V Tembus 5.000 Unit, Ini Model Paling Dicari

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 08 Apr 2022 09:33 WIB
All New HR-V mendapatkan respon positif usai meluncur pada Rabu (23/3/2022). Sejak rilis di Tanah Air, angka pemesanan terus bertambah hingga sudah mencapai tiga ribu unit.
All New Honda HR-V. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

All New Honda HR-V laris manis dipesan konsumen. Data terbaru Honda Indonesia hingga 6 April 2022, menyebutkan All New HR-V sudah mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) hingga lebih dari 5.000 unit. Mana model yang paling laris?

Medium SUV terbaru All New HR-V menjadi salah satu model terlaris di 7 hari penyelenggaraan IIMS (Indonesia International Motor Show) Hybrid 2022. Hingga hari Rabu (6/4), All New HR-V diklaim sudah dipesan ratusan unit.

"Jadi sudah hari ketujuh, di mana SPK spot di booth IIMS per kemarin (6/4) ada 401 unit. Terbesarnya ada di All New HR-V, sama dengan Brio Satya 123 unit. Jadi 31% HR-V dan 31% Brio Satya. Sementara All New BR-V dipesan 56 unit," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta (7/4/2022).

All New HR-V mendapatkan respon positif usai meluncur pada Rabu (23/3/2022). Sejak rilis di Tanah Air, angka pemesanan terus bertambah hingga sudah mencapai tiga ribu unit.All New Honda HR-V warna Shand Khaki Foto: Agung Pambudhy

Sementara jika bicara skala nasional, Billy mengatakan pemesanan All New Honda HR-V sudah mencapai 5.000-an unit, dengan masa inden antara 4-5 bulan.

"Kami bersyukur, SPK secara nasional sampai kemarin jam 17.30 WIB tanggal 6 April, itu sudah mencapai 5.195 unit (sejak pertama kali diluncurkan)," terang Billy.

Menurut Billy, secara varian, All New HR-V tipe SE menjadi yang paling laris dipesan oleh konsumen. Kontribusi terbesar dari wilayah Jabodetabek 40%, kemudian luar Pulau Jawa sudah meningkat ke 30%.

Lanjut dari segi tipe, SE berkontribusi sebesar 57%, kemudian 20% di turbo, dan 20% di E, dan 3% di S. Tapi berbeda di daerah Jakarta dan Surabaya, kontribusinya SE 50%, turbonya naik ke 25%. "Untuk favorit warna masih putih ya 33% karena warna JDM mungkin kali ya. Lalu 20% warna Sand Khaki," ujar Billy.

Lanjut Billy menambahkan, saat pertama kali All New HR-V diperkenalkan Maret, angka wholesales mobil SUV ini ditarget sekitar 1.300 unit per bulan.

"Tapi kemudian kami berhasil menarik production di bulan ini, dan Maret jadi sebesar 1.500 kita wholesales-kan. Tapi bulan (April) ini sekitar 1.300 saja, karena kami masih mengalami kendala di pasokan komponen chip semikonduktor," jelas Billy.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada konsumen HR-V, yang terpaksa harus menunggu untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan," ujar Billy.

(lua/lth)