Sisa Satu Tipe, Honda Mobilio Sanggup Bersaing dengan Avanza-Xpander?

ADVERTISEMENT

Sisa Satu Tipe, Honda Mobilio Sanggup Bersaing dengan Avanza-Xpander?

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 08 Apr 2022 16:17 WIB
Test Drive Mobilio 2019
Honda Mobilio tersisa 1 tipe. (Ruly Kurniawan/detikoto)
Jakarta -

Honda menyisakan satu tipe Mobilio untuk dijual di Indonesia. Adapun Honda Mobilio yang ditawarkan di Indonesia itu adalah tipe S M/T. Jadi pertanyaan besar, cukupkah kehadiran Mobilio S M/T untuk menjegal lawan sesama di segmen Low MPV yang baru saja berbenah sekelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Wuling Confero, hingga Mitsubishi Xpander?

Seperti diketahui bersama, Toyota Avanza dan kembarannya, Daihatsu Xenia, belum lama ini dipermak habis. Tampilan eksterior hingga interiornya berubah total. Fitur yang diusung juga makin canggih dan untuk varian tertinggi sudah berbasis radar. Avanza misalnya saat ini dibekali fitur Toyota Safety Sense. Kemudian Daihatsu Xenia juga telah dilengkapi Advance Safety Assist.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)Tampang Avanza dipermak total tahun 2021. Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

Bahkan penggerak roda yang semula di belakang kini di depan. Begitu pula dengan Mitsubishi Xpander yang lebih dulu mempercantik diri dan menambahkan fitur dua hari sebelum Avanza-Xenia paling anyar diluncurkan.

Suzuki juga mendandani Ertiga dan dihadirkan dalam jumlah terbatas pada November 2021. Wuling Confero S pun tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan tampilan lebih sporty pada kuartal perttama tahun 2021.

Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross mejeng di GIIAS 2021. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga meresmi harga keduanya.Xpander juga ikut bersolek. Foto: Grandyos Zafna

Sedangkan Honda Mobilio justru cenderung pasif. Ubahan yang dihadirkan terakhir pada tahun 2019. Terlebih di tahun 2022, di saat para rivalnya menghadirkan banyak varian untuk menyasar konsumen berbeda Honda justru memangkas tipe Mobilio dan hanya tersisa satu.

Itupun bukan tipe yang tertinggi, melainkan tipe S dengan transmisi manual. Untuk memanjakan konsumennya, Honda Mobilio S M/T dibekali dengan ragam fitur seperti Side Impact Beam, ABS+EBD, Dual Front SRS Airbag, Seatbelt Reminder, Isofix, Parking Sensor, Immobilizer, dan Auto Door Lock by Speed.

Dari sisi mesin Honda Mobilio dilengkapi dengan 1.5 L SOHC i-VTEC+DBW dengan teknologi bahan bakar PGM-Fi. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Berkat mesin tersebut, Honda Mobilio mampu menyemburkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Honda Mobilio S M/T dibanderol Rp 229,9 juta.

Kalau dibilang cukup untuk bertarung di segmen Low MPV rasanya kurang. Tapi bila sasaran Honda bukan lagi konsumen keluarga, bisa jadi langkah menyisakan satu varian Mobilio tepat.

Namun kembali lagi, soal penjualan tentu ada di tangan konsumen. Bila yang disajikan Honda sesuai dengan kebutuhan konsumen bukan tidak mungkin penjualannya bisa terkerek.

Sekadar gambaran, penjualan Honda Mobilio dalam empat tahun terakhir terlihat menurun. Pada tahun 2018 sebelum adanya ubahan, penjualan Honda Mobilio secara wholesales dalam satu tahun mencapai 24.373 unit.

Kemudian pada tahun 2019 dandanan baru nyatanya tak mampu menggenjot penjualan Mobilio. Pada tahun 2019, penjualan wholesales Mobilio turun menjadi 15.286 unit.

Tren penurunan penjualan terus berlanjut pada tahun. Distribusi wholesales Mobilio hanya mencapai 5.668 unit. Lalu pada tahun 2021 penjualannya kembali menurun meski tak signifikan menjadi 5.566 unit.

Business Innovation and Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy menyatakan saat ini pemesanan Mobilio disesuaikan dengan permintaan konsumen yang banyak di kalangan fleet.

"Tentunya kami terus memonitor permintaan di type lainnya ya. Banyak di fleet atau korporasi so far yang menginginkan S M/T," beber Billy saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (7/4/2022).



Simak Video "Dear Honda, Mobilio Masih Dijual Nggak Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT