Bukan di Indonesia, Mobil Proton Laris Manis di Negara Ini

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 07 Apr 2022 17:07 WIB
Proton Luncurkan Iriz
Mobil Proton laris manis di Pakistan. Foto: Dina Rayanti
Jakarta -

Mobil merek Malaysia Proton sudah merambah banyak negara. Sebagai gambaran, pada bulan lalu Proton mengekspor 794 unit mobil dengan beragam model ke berbagai negara.

Diberitakan Paultan, pencapaian tersebut merupakan yang tertinggi dari 108 bulan terakhir bagi perusahaan asal negeri jiran itu. Tapi dari beberapa negara tujuan mobil Proton, Indonesia belum termasuk salah satunya.

Proton beberapa waktu lalu dikabarkan akan kembali memijakkan kaki di Indonesia. Ini merupakan salah satu ambisi dari Proton untuk menjadi salah satu yang terbesar di ASEAN. Selain Indonesia, Proton juga mengincar Thailand untuk mengirim produk-produk andalannya.

Sebelumnya, kiprah Proton di Indonesia tampak kian meredup sejak 2015. Dalam catatan detikcom, Proton terakhir merilis mobil pada Februari 2017, Iriz. Sebuah mobil hatchback dengan harga di bawah Rp 200 juta.

Lalu di tahun 2019, Proton berjanji bakalan memboyong mobil baru yakni sebuah SUV X70. Itu merupakan mobil hasil kolaborasi antara Proton dengan Geely. Sayang, hingga saat ini belum ada lagi kelanjutan kabar dari Proton untuk kembali berkecimpung di industri otomotif Tanah Air.

Saat ini, salah satu pasar terbesar mobil Proton di luar Malaysia adalah Pakistan. Dari keseluruhan 794 unit mobil Proton yang diekspor, 690 unit diantaranya dikirim ke Pakistan secara Completely Knock Down (CKD). Ya, melihat antusiasme yang besar Proton memang mendirikan pabrik perakitan untuk model Saga di Karachi, Pakistan sejak Oktober 2021.

Secara total pada kuartal pertama, Proton telah mengirim 1.117 unit mobil atau naik 175% dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Untuk modelnya, yang terlaris masih Saga. Penjualan Saga pada bulan Maret mencapai 6.422 unit. Pencapaian itu juga sekaligus menjadi yang terbaik dalam satu bulan selama kurun waktu 9 tahun terakhir.



Simak Video "Ekspor Mobil 'Made in Indonesia' Meningkat, SUV Suzuki Kian Diminati"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)