Sambut Aturan Emisi Euro 4, Mitsubishi Ubah Nama Colt Diesel Jadi Canter dan Fighter Jadi Fighter X

ADVERTISEMENT

Sambut Aturan Emisi Euro 4, Mitsubishi Ubah Nama Colt Diesel Jadi Canter dan Fighter Jadi Fighter X

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 25 Mar 2022 12:03 WIB
Mitsubishi Cold Diesel dan Mitsubishi Fighter
Mitsubishi Cold Diesel ubah nama menjadi canter Foto: dok. KTB
Jakarta -

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyambut baik niat pemerintah untuk bisa menerapkan aturan emisi Euro 4 gas buang untuk kendaraan di Indonesia per April 2022 besok. Mitsubishi pun ikut menyesuaikan strategi di Indonesia, dengan mengubah spesifikasi serta nama besar Cold Diesel menjadi Canter dan Fighter menjadi Fighter X.

Dalam Press Conference & Test Drive Fuso Euro 4, Executive Vice President of Sales and Marketing Divisions PT KTB Duljatmono mengatakan Mitsubishi siap menyambut Euro 4.

"Pemerintah akan menerapkan standar Euro 4 per april 2022, setiap kendaraan diesel yang diproduksi di Indonesia harus memenuhi standar tersebut. Kami akan mengikutinya," ujar Duljatmono dalam kata sambutannya.

Dirinya juga mengatakan dengan mewarisi DNA 'COLT Diesel', kendaraan niaga Colt Diesel akan berganti nama menjadi Canter. Fighter akan berubah nama menjadi Fighter X dengan warna kabin baru.

Atas kebutuhan pelanggan, kedua kendaraan ini telah ditingkatkan di sisi teknis menjadi lebih kuat. Hadir dengan standar EURO4, mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X dengan teknologi Common Rail dapat menghasilkan tenaga mesin yang maksimal, torsi yang lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal.

"Selain itu, teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan," Duljatmono menambahkan.

Mitsubishi Cold Diesel dan Mitsubishi FighterMitsubishi Fighter Foto: dok. KTB

Dalam kesempatan yang sama Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengatakan Mitsubishi Fuso akan terus menjaga layanan purna jualnya yang terbaik dengan dukungan jaringan dealer terluas di Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan layanan kepada pelanggan di seluruh Indonesia," ujar Nobukazu Tanaka.

Selain itu, dijelaskan tahun ini Mitsubishi Fuso akan menambah fasilitas Parts Depo untuk menjamin ketersediaan pasokan suku cadang.

Selain itu Mitsubishi Fuso juga akan meningkatkan fungsi Mobile Workshop Service yang dilengkapi dengan peralatan berteknologi tinggi, untuk memeriksa kinerja mesin EURO 4, dan menyediakan mekanik profesional untuk melakukan perawatan unit-unit kendaraan yang ada di on-site atau di lokasi operasional konsumen. Begitu juga dengan dukungan Runner Telematics juga ditingkatkan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Selanjutnya selain mengubah nama dari Colt Diesel dan Fighter, Mitsubishi juga menawarkan berbagai kelebihan lain. KTB mengklaim kedua varian andalan mereka mengadaptasi berbagai peningkatan antara lain daya tahan, kenyamanan, keamanan dan tenaga seperti:

• Varian yang lebih beragam untuk segala jenis bisnis:

Atas permintaan dan kebutuhan konsumen, Mitsubishi Fuso meluncurkan 3 varian baru yang belum ada di line-up sebelumnya yaitu Canter FE 74 HDS untuk kebutuhan heavy duty yang juga mengutamakan kecepatan, Canter FE 84 SHDX dengan volume kargo yang lebih besar, dan Canter FE 84 GS untuk kebutuhan logistik yang membutuhkan tenaga lebih besar.

• Performa mesin yang lebih bertenaga

Mulai dari 108PS - 150PS pada Canter serta penyesuaian pada Final Gear Ratio untuk performa optimal.

• Peningkatan dimensi kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen

Dengan penambahan panjang chassis (Cab to End) pada varian 6x4 FN26FL HD menjadi 9,8m untuk meningkatkan volume angkut serta peningkatan GVW (Gross Vehicle Weight) & ROH (Rear Over Hang) untuk mengangkut muatan lebih banyak.

• Fitur keselamatan yang lebih aman

Penggunaan Full Air Brake System dan penambahan Anti-lock Braking System pada seluruh varian Fighter X yang menjadikan kendaraan benar-benar aman.

• Kurang lebih 80% suku cadang Canter dan Fighter X memiliki kesamaan dengan yang ada di line up sebelumnya.



Simak Video "Tak Hanya di RI, Mitsubishi Mirage Juga Disuntik Mati di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT