Tampil Gagah, Ini Transformasi Mesin Fortuner dari Masa ke Masa

Dea Duta Aulia - detikOto
Selasa, 22 Mar 2022 15:33 WIB
Toyota Fortuner
Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

Tampilan menawan dan gagah Toyota Fortuner sudah melekat dari generasi pertamanya. Berkat penampilan tersebut Toyota Fortuner dari generasi pertama hingga saat ini sukses membuat banyak orang jatuh hati.

Hal yang membuat banyak orang jatuh cinta terhadap Toyota Fortuner tidak hanya sebatas dari tampilan mobil tersebut saja. Namun, dapur pacu yang dimiliki oleh Toyota Fortuner kerap membuat banyak orang makin menyukai mobil tersebut.

Jika dilihat dari generasi pertama Fortuner sampai saat ini, Toyota selalu berupaya untuk membuat mobil tersebut tampil bertenaga dengan mesin garang.

Generasi Pertama Toyota Fortuner (2004-2015)

Berdasarkan keterangan resmi Toyota, generasi pertama Fortuner hadir pada 2004 lalu mengadopsi ladder frame yang kokoh untuk memastikan mobil tersebut mampu berjalan di berbagai kondisi jalan.

Toyota membalut generasi pertama Fortuner dengan mesin bensin 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i bertenaga 163 PS dan torsi 24,7 Kgm, dilengkapi opsi transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Kala itu, generasi pertama Fortuner memanfaatkan sistem penggerak 4x4 full time dinilai oleh banyak orang mampu menghadapi berbagai medan termasuk off-road. Adapun sistem penggerak ini mampu dipindahkan ke penggerak roda belakang 4x2 melalui tuas di sisi transmisi.

Memasuki tahun 2007, Toyota Fortuner membuat gebrakan baru dengan menghadirkan opsi mesin diesel. Kala itu, unit KD-FTV 2.494 cc D4-D bertenaga 102 PS dan torsi 26,5 Kgm dengan transmisi manual 5-speed mendapatkan sambutan baik para pelanggan.

Upaya Toyota untuk terus meningkatkan performa generasi pertama Fortuner masih berlanjut hingga tahun 2012. Generasi pertama kembali dilengkapi dengan teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT) atau turbo variabel kapasitas mesin 2.494 cc dengan tenaga mencapai 145 PS di 3.400 rpm dan torsi 34,4 Kgm di 1.600-2.400 rpm.

Generasi Kedua Fortuner

Transformasi dapur pacu yang dilakukan pada mobil tersebut masih terus berlanjut di generasi kedua Toyota Fortuner. Mengusung konsep ever-better cars, generasi kedua Toyota Fortuner dirancang tanpa meninggalkan DNA asli dari mobil tersebut yakni menawan dan gagah.

Implementasi dari DNA yang terdapat pada seri tersebut terlihat dari dapur pacunya yang memiliki kode 2GD-FTV 2.392 cc dengan teknologi turbo variabel VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm di putaran serendah 1.600-2.000 rpm.

Garangnya mesin generasi kedua ini turut dilengkapi dengan beragam fitur seperti kontrol traksi, kontrol di jalan menurun, differential lock, trailer sway control, dan tambahan side & curtain shield airbags. Melalui beragam fitur tersebut, generasi kedua Toyota Fortuner mampu melaju di berbagai medan termasuk off-road.

Halaman Selanjutnya: New Fortuner 2022