Mitsubishi Setuju, Mobil Listrik Harus Murah

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 18 Mar 2022 15:57 WIB
Mitsubishi Minicab MiEV
Mitsubishi Minicab-MiEV Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Persaingan mobil ramah lingkungan di Indonesia diprediksi bakal lebih meriah dan menarik untuk disimak di masa mendatang, mengingat masih sedikitnya produsen otomotif yang bermain pada segmen tersebut. Kini, perlahan namun pasti Mitsubishi Indonesia mulai merambah dengan memperlihatkan Minicab-MiEV, yang diprediksi akan menjadi salah satu pilihan mobil listrik murah dari Mitsubishi.

Pada ajang MMKSI Virtual Annual Media Gathering 2022, Mitsubishi mengakui saat ini terus melakukan study untuk bisa menghadirkan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia dengan harga murah, serta memiliki durabilitas dan kualitas terbaik.

"Iya, aspek yang paling penting adalah itu (mobil listrik dengan harga jual yang murah), harga memang jadi ancuan untuk MMKSI. Tetapi yang lebih penting lagi bagaimana kami menawarkan kendaraan yang memiliki durability, kualitas terbaik untuk masyarakat, yang memberi keuntungan kepada konsumen," ujar Director f Product Strategy Division PT MMKSI, Hiraku Mii.

"Saat ini kami memiliki partnership (PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek dan DHL Supply Chain Indonesia). Maka kami harus memastikan partner kami merasakan nyaman saat mengendarai kendaraan kami," Mii menambahkan.

Bisa dikatakan Mitsubishi cukup beruntung saat memperkenalkan mobil listrik mungil mereka Minicab-MiEV di Indonesia, karena Mitsubishi MiEV langsung diuji coba Presiden RI Joko Widodo.

Mobil itu kini diserahkan ke empat perusahaan untuk melakukan studi kelayakan dari kei-car class electric commercial vehicle di Indonesia. Kerjasama ini dimungkinkan setelah PT Misubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) studi bersama PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia, sebagai kelanjutan dari komitmen Mitsubishi Motors terhadap akselerasi pemanfaatan kendaraan Listrik.

Saat mengunjungi pameran GIIAS 2021, Jokowi sempat menjajal mobil listrik Mitsubishi yang belum dijual untuk umum, yaitu Mitsubishi Minicab-MiEV. Begini momennya.Saat mengunjungi pameran GIIAS 2021, Jokowi sempat menjajal mobil listrik Mitsubishi yang belum dijual untuk umum, yaitu Mitsubishi Minicab-MiEV. Begini momennya. Foto: Setpres

Dalam ketentuan MoU, MMKSI akan menyediakan satu unit Mitsubishi Minicab-MiEV, model yang saat ini dijual di pasar Jepang untuk penelitian dan pemanfaatan, dan mitra akan menggunakan kendaraan tersebut selama enam bulan dalam operasi logisitiknya di area Jabodetabek.

Studi ini bertujuan untuk memahami dan mengeksplorasi aplikasi EV komersial, dengan memverifikasi data penggunaan aktual, termasuk jarak tempuh, riwayat pengisian daya, dan rute pengiriman. Gojek misalnya akan menggunakan Minicab-MiEV dalam aktifitas studi bersama lebih dari enam bulan. Tak dijelaskan lebih detail aktifitas studi apa yang akan dilakukan.

"Kerjasama pilot studi bersama ini menjadi milestone terbaru dari kelanjutan komitmen Mitsubishi Motors untuk mengakselerasi pengembangan mobil listrik di Indonesia dan proses menuju kontribusi kendaraan tanpa emisi dengan memanfaatkan battery electric vehicle. Terkait studi Minicab-MiEV, apresiasi tertinggi kami terhadap mitra perusahaan terkemuka PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia, termasuk Pemerintah Indonesia yang dengan antusiasme positif mendukung akselerasi pemanfaatan kendaraan listrik. Melalui studi ini kami berharap dapat mengeksplor lebih luas pemanfaatan model kendaraan listrik komersial Mitsubishi Motors di Indonesia," ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI dalam siaran persnya.

Adapun spesifikasi Minicab-MiEV yang akan digunakan pada studi bersama ini adalah, 4-seater, 2WD. Meski mungil, jarak tempuhnya cukup jauh yakni mencapai 150 km dengan mengusung kapasitas baterai 16 kWh.

Sebagai mobil komersial, Minicab-MiEV menawarkan sejumlah keunggulan. Salah satunya adalah keringanan biaya operasional. Mobil juga bisa diandalkan di jalan sempit karena small turning 4,3 meter. Minicab-MiEV diklaim cocok melintas di jalanan curam berkat torsi instan 196 Nm yang disalurkan dari motor listrik bertenaga 30 kW.



Simak Video "Sudah Dijajal Jokowi, Akankah Minicab MiEV Dijual di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)