Ford Mustang Mach E Bisa Diboyong ke Indonesia, Asalkan..

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 18 Mar 2022 12:49 WIB
Ford Mustang Mach E
Ford Mustang Mach E (Foto: Carscoops)
Jakarta -

Ford akhirnya kembali ke pasar otomotif Indonesia melalui PT Mitra Bisnis (MB) anak perusahaan RMA Group sebagai distributor resminya. Tahun ini, Ford hanya menjual Ford Everest dan Ford Ranger. Bagaimana dengan mobil listrik?

Indonesia memang tengah gencar melakukan transisi menuju kendaraan ramah lingkungan. Salah satunya adalah mobil listrik. Ford sendiri memiliki mobil listrik Ford Mustang Mach E. Apakah masuk Indonesia?

"Kenapa tidak. Ketika Mustang Mach E tersedia dengan setir kanan, kami akan melihat kesempatan untuk dijual di sini," kata Country Manager RMA Indonesia, Pinaki Mukherjee.

"Tapi bagi kami, sebelum menjual mobil untuk negara ini, kami ingin memastikan bahwa kami harus bisa mendukungnya (dari segi layanan purnajual). Entah kami hanya menjual 1, atau kami menjual ribuan, atau jutaan, kami harus siap mendukung kendaraan itu," ujarnya.

"Jika kami melihat ada kesempatan Mach E untuk dijual di sini, kami akan mendapatkannya. Dan kami memastikan dukungan terhadap kendaraan tersebut tersedia," tegas Pinaki.

Mach E disebut Ford memiliki jarak jelajah sampai 300 mil dengan opsi baterai range extender. Mobil bisa menghasilkan tenaga sampai 332 hp dengan torsi pada 417 lb ft.
Akselerasinya pun ngebut, untuk varian GT bisa berlari dari 0-60 mil per jam di bawah 4 detik (lebih cepat dari Porsche Macan), kemudian varian GT Performance dalam waktu 3 detik. Untuk varian GT punya tenaga sampai 459 hp dengan torsi 830 Nm.

Ford menyediakan baterai 75,7 kWh dan 98,8 kWh yang bisa menjelajah sampai 300 mil, baterai mobil berada di antara 2 axle mobil dan sudah dites sampai suhu sangat dingin.

Sementara itu, secara global Ford juga memiliki mobil fenomenal Ford Bronco. Bahkan, produk baru dari pabrikan mobil asal Amerika Serikat ini tercantum dalam Permendagri No. 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Di sana tertera bahwa Ford mendaftarkan merek Bronco dengan kapasitas mesin 2.000 cc.

Secara global mobil SUV ini memiliki opsi tenaga 181-hp, dari mesin turbocharged 1.5-liter tiga silinder, dan 245-hp turbo 2.0-liter empat silinder. Model ini dikhususkan untuk varian Ford Bronco Sport. Sedangkan NJKB-nya memiliki harga Rp 771.750.000. Perlu diketahui harga yang tertera belum termasuk dengan PPnBM, BBN, PPN, SWDKLLJ, beserta penerbitan surat kendaraan, dan margin keuntungan.

Akankah Ford Bronco juga bakal dijual di Indonesia?

"Bronco adalah mobil yang sangat banyak peminatnya. Di Amerika Serikat, waktu indennya sampai 3 tahun. Bronco setir kanan masih dalam proses, jadi kita harus menunggu dirilis untuk pasar ekspor," ucap Pinaki.



Simak Video "Kode Keras! Ini Tanda Kehadiran Mobil Terbaru Ford di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)