Harapan Jokowi dan Toyota saat Pelabuhan Patimban Beroperasi

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 11 Mar 2022 21:21 WIB
Presiden Joko Widodo membuka pintu mobil saat meninjau pelepasan ekspor mobil ke sejumlah negara, di Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022). Pelabuhan Patimban mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021, dan hingga kini ekspor kendaraan secara utuh atau completely built up (CBU) telah mencapai 24,000 unit, ANTARA FOTO/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/tom.
Jokowi saat mengunjungi pelabuhan Patimban Foto: ANTARA FOTO/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pelabuhan Patimban sudah beraktivitas sejak Desember 2021, bersama pelabuhan Tanjung Priok DKI Jakarta, Patimban menjadi salah satu tulang punggung Indonesia untuk bisa ekspor kendaraan baru.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengutarakan apa yang menjadi harapan dirinya setelah berdirinya pelabuhan Patimban, seperti dalam video Youtube TMMIN, yang berjudul 'Setelahh Capai 2 Juta, Ekspor Toyota Melonjak Tahun Ini'.

Jokowi mengatakan pelabuhan Patimban terus bergerak untuk bisa mengekspor mobil buatan Indonesia ke berbagai negara lebih banyak lagi.

"Ekspor Mobil dari pelabuhan Patimban terus bergerak, yang sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160 ribu kendaraan, melihat progres dari 3 bulan terakhir ini keliatannya bisa naik menjadi 180 ribu kendaraan," ujar Jokowi dalam video tersebut.

[Gambas:Youtube]



Jokowi juga menyebutkan dengan banyaknya kendaraan buatan Indonesia yang diekspor, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Meskipun pandemi kita ekspor terus, kita harapkan ini akan ikut memberi sumbangan kepadapertumbuhan ekonomi negara kita dan memberikan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," Jokowi menambahkan.

PT TMMIN menyambut baik hadirnya pelabuhan patimban, dan menilai dengan adanya pelabuhan Patimban memperkuat sistem logistik untuk mendukung peningkatan ekspor.

"Kita sebenarnya bekerjasama dengan pemerintah terus, bagaimana me-utilisasi pelabuhan Patimban ini, karena bagi kami kompetitif logistik itu sangat penting bagi industri otomotif," ujar Vice President Director TMMIN, Nandi Julyanto.

"Jadi ada kenaikan yang cukup signifikan, 50 persen naik untuk tahun ini (ekspor). Ekspor tahun ini diharapkan lebih baik dibandingkan sebelum pandemi, sebelum pandemi ekspor kita mencapai 208.000 unit," Director TMMIN, Bob Azam.



Simak Video "Jokowi Targetkan Ekspor 180 Ribu Mobil via Pelabuhan Patimban di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)