Sayonara! Mitsubishi Eclipse Cross Pamit dari Indonesia

ADVERTISEMENT

Sayonara! Mitsubishi Eclipse Cross Pamit dari Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 06 Mar 2022 14:07 WIB
Jakarta -

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyetop penjualan Eclipse Cross. Namanya sudah tak lagi terpampang pada situs resmi Mitsubishi Indonesia sejak Maret 2022.

"Betul, terhitung sejak Maret 2022 MMKSI kami telah menghentikan impor dan penjualan model Eclipse Cross untuk pasar Indonesia dikarenakan berbagai macam kondisi dan pertimbangan, termasuk kelangkaan semikonduktor," ujar President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura kepada detikcom, Sabtu (6/3/2022).

Berdasarkan data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gaikindo, Mitsubishi Eclipse Cross tercatat nihil penjualan pada Januari 2022. Catatan penjualan 0 unit Mitsubishi Eclipse Cross itu sudah terjadi sejak Juli 2021.

Jika dibandingkan dari tahun ke tahun, Eclipse Cross memang mengalami penurunan. Misalnya pada saat tahun peluncuran 2019 lalu, mobil ini terdistribusi 514 unit, lalu turun ke 243 pada 2020. Sedangkan tahun berikutnya, Eclipse Cross hanya terkirim 172 unit.

Setelah tiga tahun berkiprah, mobil yang diimpor utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Jepang itu sudah terdistribusi sebanyak 972 unit. Angka tersebut memang tak semoncer kompetitor terdekatnya, misalnya Corolla Cross sepanjang 2021 lalu sudah dikirim sebanyak 1.519 unit.

Kini Mitsubishi menghilangkan Eclipse Cross dari situs resmi mereka. Dilihat pada Sabtu (5/3/2022) Eclipse Cross sudah tak menemani Xpander, Xpander Cross, Outlander PHEV, Triton, dan L300. Naoya mengatakan bahwa salah satu penyetopan Eclipse Cross karena supply akibat kelangkaan chip semikonduktor.

"Saat ini kami mengeksplor dan mempelajari lebih jauh terkait kemungkinan untuk membawa model-model menarik ke segmen tersebut dengan berbekal pengalaman kami bersama Eclipse Cross. Kami percaya bahwa Eclipse Cross merupakan sebuah mobil yang hebat dengan spesifikasi yang bagus serta impresi berkendara luar biasa, yang disukai dan dinikmati konsumen kami. Namun saat ini kami harus menghentikan impor Eclipse Cross dikarenakan berbagai macam kondisi dan pertimbangan, termasuk kelangkaan semikonduktor," ujar Naoya.

Bagi konsumen yang memiliki Eclipse Cross jangan khawatir, sebab MMKSI tetap melayani purna jual dan garansi yang berlaku.

"Semua manfaat dukungan layanan, termasuk layanan purna jual yang telah didapatkan oleh konsumen ketika membeli model Eclipse Cross termasuk garansi kendaraan tetap berlaku sesuai dengan buku panduan manual kendaraan. Konsumen model Eclipse Cross tidak perlu khawatir terkait ketersediaan suku cadang model Eclipse Cross, yang masih bisa didapatkan di dealer dan workshop resmi Mitsubishi Motors," jelas dia.

Eclipse Cross SUV Medium yang Lengkap

Mitsubishi Eclipse Cross memberikan desain stylish dan futuristik dengan memadukan garis-garis yang tajam. Terutama dari fascia, Eclipse Cross mengusung Dynamic Shield khas Mitsubishi Motors.

SUV ini turut dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik, seperti Power Panoramic Sunroof, Head up Display, Touch Pad Controller, serta sistem keamanan mumpuni seperti Forward Collision Mitigation System (FCM), Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic High Beam (AHB), dan lain-lain.

Sementara dari segi dapur pacu, Eclipse Cross didukung mesin 1.5L Turbo dengan CVT 8 percepatan. Di atas kertas, mobil ini bisa memuntahkan tenaga 147 dk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada rentang 2.000 sampai 3.500 rpm.

Saat peluncuran Eclipse Cross hadir dalam warna Red Diamond, Silky White, dan Amethyst Black dan dipasarkan dengan harga di bawah Rp 500 juta.

(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT