ADVERTISEMENT

Studi Terbaru: Putih Jadi Warna Favorit Konsumen saat Membeli Mobil Baru

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 04 Mar 2022 09:13 WIB
Toyota All New Veloz Journalist Test Drive Bali
All New Veloz Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Saat membeli mobil baru pasti konsumen dipersilahkan untuk bebas memilih warna yang cocok dan sesuai keinginan. Tahukah kamu jika ternyata warna favorit yang dipilih konsumen adalah putih.

Dikutip dari Carscoops, perusahaan PPG baru-baru ini telah merilis data yang menunjukkan warna apa yang paling banyak dipilih oleh konsumen saat membeli mobil baru. Untuk menentukan warna tersebut, pihak PPG telah melakukan survei ke seluruh dunia dan mengecek data dari sejumlah dealer mobil.

Hasilnya menunjukkan, sebanyak 35 persen konsumen memilih warna putih untuk kendaraan baru mereka. Angka tersebut tidak jauh berbeda dari hasil survei yang pernah dilakukan oleh PPG pada tahun lalu. PPG menemukan jika konsumen banyak memilih warna putih karena dirasa warna yang aman dan tidak terlihat mencolok.

Lalu di urutan kedua ada warna hitam sebanyak 18 persen. Angka tersebut juga tidak berbeda signifikan jika dibanding data yang dimuat tahun lalu. Kemudian sisanya ada warna abu-abu (14%), silver (11%), biru (8%), merah (7%), natural (4%), dan hijau (2%).

Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi XpanderIlustrasi Mitsubishi Xpander Foto: Agung Pambudhy/detikOto

PPG juga mengumpulkan data yang dibagi sesuai benua. Di kawasan Asia Pacific, warna putih menjadi favorit bagi konsumen saat membeli mobil baru dengan angka mencapai 41 persen. Lalu di belakangnya disusul oleh warna hitam (20%), silver (12%), abu-abu (7,5%), merah (6,5%), dan biru (6%).

Putih juga menjadi warna favorit bagi konsumen yang membeli mobil baru di kawasan Amerika Selatan, di mana kelir putih telah mendominasi sebesar 40 persen. Setelah itu warna silver menjadi favorit kedua dengan angka 17 persen, disusul warna abu-abu (16%), hitam (14%), merah (6%), dan biru (2%).

Sementara itu, angka persentase warna di kawasan Amerika Utara cukup seimbang. Warna putih tetap mendominasi penjualan kendaraan baru yang mencapai 24 persen, lalu di urutan kedua ada warna abu-abu sebesar 22 persen, setelahnya diikuti warna hitam (18%), silver (12%), dan biru (12%).

Hal yang sama juga terjadi di kawasan Eropa, di mana warna putih masih menjadi pilihan konsumen sebesar 26 persen. Namun warna abu-abu menyusul di posisi kedua sebanyak 25 persen. Baru setelah itu konsumen mulai memilih warna hitam (18%), biru (10%), silver (7%), dan merah (7%).



Simak Video "Trennya Meningkat, Ini Warna Mobil yang Lagi Naik Daun"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT