Belum Banyak yang Tahu, Ini Arti Nama Mercedes-Benz

ADVERTISEMENT

Belum Banyak yang Tahu, Ini Arti Nama Mercedes-Benz

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 01 Mar 2022 11:26 WIB
Logo Mercedes Benz
Ilustrasi logo Mercedes-Benz Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Siapa yang tak kenal merek Mercedes-Benz? Pabrikan otomotif asal Jerman ini telah malang melintang di dunia otomotif selama lebih dari satu abad. Namun, tahukah kamu apa cikal bakal pemberian nama Mercedes-Benz?

Dilansir dari berbagai sumber, awalnya Mercedes-Benz dibentuk oleh dua orang pria bernama Karl Benz dan Gottlieb Wilhelm Daimler. Saat itu keduanya punya ambisi besar untuk menciptakan sebuah kendaraan menggunakan mesin untuk menggantikan kendaraan bertenaga kuda.

Mereka lantas melakukan sejumlah penelitian dan mengembangkan mobil secara terpisah di daerah Jerman Selatan. Kala itu Daimler dibantu oleh seorang chief engineer bernama Wilhelm Maybach, keduanya sama-sama menemukan mesin empat tak. Sementara itu, Benz bekerja di tokonya sendiri di daerah Heidelberg.

Karl Benz dan Gottlieb Daimler akhirnya mendirikan sebuah perusahaan bernama Daimler Motoren Gesellschaft atau yang disingkat menjadi DMG. Nama perusahaan tersebut juga dikenal sebagai Daimler-Benz.

Di saat keduanya tengah mengembangkan mobil bertenaga mesin, Gottlieb Wilhelm Daimler meninggal dunia. Akhirnya, Wilhelm Maybach yang bekerja sama dengan Daimler mengajak pengusaha sekaligus penggemar balap Emil Jellinek untuk masuk ke dalam perusahaan miliknya.

Jellinek ditugaskan untuk melanjutkan pengembangan dari sebuah mobil yang memiliki tenaga sebesar 35 hp pada tahun 1900. Setelah mobil itu selesai, Jellinek kemudian menamai kendaraan tersebut sama seperti nama anak perempuannya: Mercedes.

Mercedes-Benz E-ClassMercedes-Benz E-Class Foto: Dok. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI)

Ternyata, nama Mercedes punya arti tersendiri. Dalam bahasa Spanyol, arti Mercedes diterjemahkan sebagai 'rahmat'. Nama tersebut kemudian menjadi cikal bakal merek dagang Mercedes-Benz sampai saat ini.

Perusahaan kemudian mulai menggunakan nama Mercedes sebagai merek dagang sejak tahun 1902. Meski begitu, nama perusahaan dagang tetap mengusung nama Daimler-Benz, sementara line up mobil yang diluncurkan menggunakan nama Mercedes-Benz.

Mobil Mercedes 35 hp yang dirancang bersama Wilhelm Maybach dan Paul Daimler (anak dari Gottlieb Daimler), diikutsertakan dalam sejumlah kompetisi balap mobil dengan mengusung tim DMG. Hebatnya, Mercedes 35 hp berhasil meraih kesuksesan dengan memenangkan hampir seluruh seri balapan yang digelar di Nice, Prancis, yang mana kota tersebut merupakan tempat tinggal Jellinek saat itu.

Perusahaan DMG kemudian membuat dua buah logo yang berbentuk bintang dengan tiga sudut serta empat sudut. Kedua logo tersebut kemudian diajukan menjadi hak paten pada Juni 1909, namun akhirnya perusahaan memilih logo dengan tiga sudut bintang dan menjadi logo resmi untuk merek Mercedes-Benz hingga saat ini. Logo tersebut baru mulai digunakan secara resmi pada tahun 1910.



Simak Video "Mercedes-Benz Mau Diambil Alih Indomobil?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT