ADVERTISEMENT

Suzuki Karimun Wagon R Berubah Total, Konsumsi BBM Tembus 25 Km/liter

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 27 Feb 2022 14:08 WIB
Suzuki Karimun Wagon R Berubah Total
Karimun Wagon R terbaru. Foto: Dok. Maruti Suzuki India
Jakarta -

Maruti Suzuki di India resmi meluncurkan WagonR terbaru. Kini, mobil yang di Indonesia sempat dijual dengan nama Karimun Wagon R tersebut berubah total. Maruti Suzuki di India resmi meluncurkan WagonR terbaru.

Suzuki Karimun Wagon R yang dijual di India ini mengusung mesin Advanced K-series Dual Jet, Dual VVT Engines dengan Idle Start Stop Technology. Kini, mobil kecil milik Suzuki tersebut mengusung pilihan mesin 1.000 cc dan 1.200 cc.

Desain eksteriornya yang kini lebih sporty, interior dual tone premium, fitur keamanan dan kenyamanan terbaru menjadi daya tarik WagonR terbaru di India.

"New WagonR siap untuk membawa warisan dengan kinerjanya yang tangguh dan energik, eksterior dua warna, interior yang disempurnakan, 12+ fitur keselamatan, fitur yang nyaman, dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Kami yakin bahwa New WagonR akan melebihi ekspektasi konsumen dan terus menjadi pilihan yang lebih disukai banyak keluarga India," kata Shashank Srivastava, Senior Executive Director (Marketing & Sales) Maruti Suzuki India Limited.

New WagonR hadir dengan desain Sporty Floating Roof dengan velg Dynamic. Pilihan desain eksterior dual-tone tersedia pada varian Z+ dalam 2 kombinasi warna baru yaitu Gallant Red dengan atap Hitam dan Magma Grey dengan atap Hitam.

Suzuki Karimun Wagon R Berubah TotalSuzuki Karimun Wagon R Berubah Total Foto: Dok. Maruti Suzuki India

Interior New WagonR dual-tone disegarkan dengan desain kain jok krem dan abu-abu tua yang menarik melengkapi tema desain eksterior dan interior. Sementara kombinasi dari opsi dual-tone memberikan mobil daya tarik yang lebih sporty. Secara keseluruhan, perubahan desain baru memberikan tampilan yang lebih sporty dan energik pada Karimun Wagon R ini.

Kini, Suzuki WagonR memiliki fitur-fitur yang lebih canggih. Di antaranya Idle Start Stop (ISS) yang bikin konsumsi BBM lebih irit khusus varian mesin bensin. Ada pula fitur Hill Hold Control pada varian AGS.

Sistem hiburan SmartPlay Studio berukuran 7 inchi dengan navigasi smartphone hadir dengan 4 speaker dan didukung oleh layanan berbasis cloud untuk menawarkan pengalaman berkendara yang terhubung dan modern kepada pelanggan.

Fitur keselamatan juga ditingkatkan. Suzuki Wagon R dibekali dual airbag, Antilock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD), pengingat sabuk pengaman depan, sistem peringatan kecepatan tinggi dan sensor parkir belakang. New WagonR juga dilengkapi dengan Hill-Hold Assist dalam varian AGS. Fitur ini mencegah kendaraan mundur saat berhenti di tanjakan dalam kondisi lalu lintas stop and go.

Di balik kapnya, Suzuki WagonR kini hadir dengan pilihan mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Teknologi Dual Jet, Dual VVT dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang didinginkan memungkinkan kendaraan mencapai efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dengan emisi yang lebih rendah.

Mesin 1.000 cc tersedia dengan pilihan bahan bakar bensin dan gas S_CNG. Untuk mesin bensin 1.000 cc, konsumsi bahan bakarnya mencapai 25,19 km/liter, lebih irit 16% dibanding model sebelumnya. Sementara varian S-CNG dengan bahan bakar gas mencapai 34,05 km/kg.

Untuk pilihan 1.200 cc hadir dengan mesin 1.2L Advance K-Series Dual Jet, Dual VVT dengan ISS. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 24,43 km/liter

New Wagon R tersedia dalam pilihan transmisi Manual dan Automatic Gear Shift (AGS). Di India, Suzuki Karimun Wagon R terbaru ini dijual dengan harga INR 539.500 sampai INR 710.000 atau setara Rp 103 juta sampai Rp 135 juta.

Bagaimana dengan Karimun Wagon R di Indonesia. Sayangnya, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) tidak lagi memproduksi Karimun Wagon R di Indonesia. Suzuki memutuskan untuk 'menyuntik mati' Karimun Wagon R untuk menyambut kendaraan elektrifikasi di Indonesia.



Simak Video "Deretan Mobil yang 'Punah' di Kelas Mobil Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT