Mengulik Kelebihan Penggerak Roda Depan seperti Punya Xpander

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 19 Feb 2022 11:26 WIB
Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander
Keunggulan penggerak roda depan. Foto: Agung Pambudhy/detikOto
Jakarta -

Mobil-mobil saat ini tak sedikit yang menggunakan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD). Sebenarnya, setiap jenis penggerak mobil punya kelebihan masing-masing. Tapi, rata-rata low MPV saat ini sudah menggunakan FWD. Apa keunggulannya?

Dikutip dari situs resmi Mitsubishi Motors Indonesia, soal mobil penggerak roda depan yang tak kuat nanjak cuma mitos. Soalnya, mobil sudah dirancang dan diuji sedemikian rupa sebelum dipasarkan, termasuk pengujian di medan tanjakan.

Mitsubishi menyebut, penggerak roda depan malah memiliki kelebihan dari sisi performa maupun estetika. Pertama, tenaga dari mesin mobil Front Wheel Drive (FWD) akan langsung disalurkan ke dua roda di bagian depan. Tidak ada proses tenaga melalui gardan untuk menyalurkannya ke roda belakang. Selain itu, karena hanya membutuhkan sedikit komponen dan tidak ada gigi transmisi dan poros untuk menyalurkannya ke roda belakang, mobil FWD punya bobot yang lebih ringan.

"Beberapa keunggulan ada pada mobil penggerak roda depan dan untuk kendaraan penumpang sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Ada perbedaan hanya pada mobil-mobil beban berat seperti truk," kata Rifat Sungkar, pereli nasional yang juga sebagai Brand Ambassador Mitsubishi.

Menurut Rifat, kelebihan dari penggerak roda depan adalah dari segi handling. Menurutnya, mobil FWD lebih mudah dikendalikan. Pengemudi akan lebih mudah mengarahkan kendaraan sesuai keinginan.

Sementara dari sisi desain interior, para desainer lebih mudah mengatur ruang kabin belakang karena tidak adanya axle (gardan) belakang. Lantai bisa dibuat rata dan penumpang mendapatkan kenyamanan lebih saat menempuh perjalanan jauh

Menurut Rifat, hilangnya axle membuat kabin lebih senyap dan tenaga mesin yang disalurkan ke roda pun lebih maksimal.

"Misal mobil mesin bertenaga 100 hp, jika mobil penggerak roda belakang, total tenaga yang dikeluarkan ke roda akan terpangkas 35 persen. Jika mobil FWD pasti ada tapi tidak besar," pungkas Rifat.

Keunggulan lain dari penggerak roda depan adalah soal traksi atau gaya gesek ban dan permukaan jalan, terutama ketika hujan. Gaya gesek lebih aman karena roda depan yang menarik roda belakang. Berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman.

Kini, sistem penggerak roda depan semakin banyak digunakan di mobil zaman sekarang. Mitsubishi mempertahankan sistem FWD pada Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terbaru. Kedua mobil andalan Mitsubishi itu memadukan mesin 1.500 cc dengan FWD dan transmisi CVT. Fitur kontrol traksi beserta Hill Start Assist (HSA) pada mobil itu disebut membantu dalam melewati berbagai kondisi jalan, termasuk di tanjakan curam.



Simak Video "Pilih Penggerak Roda Depan atau Belakang? Ini Plus-Minusnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)