ADVERTISEMENT

Harga Setengah Miliaran, Segini Target Penjualan Voxy si Baby Alphard di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 17 Feb 2022 20:33 WIB
All New Toyota Voxy
All New Toyota Voxy Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta -

All New Toyota Voxy resmi dipasarkan ke Indonesia sejak Kamis (17/2/2022). PT Toyota Astra Motor (TAM) menargetkan penjualan MPV premium ini bisa lebih tinggi dari dua tahun belakangan.

Sejak tahun 2017, Voxy menggantikan peran dari Nav1 atau Noah. Kehadiran Voxy disebut membuka pangsa pasar mobil MPV premium lebih besar di Indonesia. Sebab, mobil yang kerap dijuluki Toyota Alphard ini dinilai lebih ekonomis, karena dijual setengah harga dari kakaknya yang mencapai Rp1,1 hingga Rp1,5 miliar.

"Sejak diperkenalkan tahun 2017 lalu, Voxy mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia bahkan banyak yang menyebut sebagai Alphard atau Baby Vellfire. Secara total Voxy telah membukukan penjualan retail lebih dari 13 ribu unit dan market share-nya pun stabil di level 70-an persen," ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto saat peluncuran, Kamis (17/2/2022).

Lebih lanjut dijelaskan oleh Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi, Voxy kini mengusung desain yang lebih agresif. Tak hanya sekadar desain, mesin juga lebih bertenaga namun lebih irit dan ramah lingkungan.

"Saya rasa ini timing yang tepat untuk menggunakan engine terbaru, karena engine terbaru sudah kelihatan, powernya lebih meningkat, efisiensi lebih baik. Angka emisi CO2 juga lebih baik. Jadi saya rasa kita harus kita gunakan teknologi terbaru, karena sekalian ada platform dan engine menjadi satu paket juga. Termasuk juga kesempatan untuk meluncurkan TSS 3.0 karena sudah dirancang sedemikian rupa secara total," ujar Anton.

Dapur pacu 1.986 cc, 4 silinder, 16 Valve, DOHC pada All New Voxy menjanjikan performa lebih baik di segala aspek. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih tinggi, dimana kini daya maksimumnya sebesar 170 PS pada 6.600 rpm atau naik 11,8 % dari sebelumnya 152 PS, dan torsi maksimumnya sebesar 20,6 Kgm pada 4.900 rpm atau naik 4,6% dari sebelumnya 19,7 Kgm.

Kini, Toyota Voxy generasi keempat di global hadir di Indonesia sebagai MPV premium yang dilengkapi dengan berbagai teknologi baru yang lebih advance. All New Voxy menjadi model TAM pertama yang mengadopsi platform dan mesin TNGA, serta didukung dengan teknologi Toyota Safety Sense 3.0.

Nah dengan bekal-bekal baru tersebut, Anton berharap penjualan Toyota Voxy bisa naik kembali. Apalagi menurutnya, segmen Voxy ke depan akan berkembang tidak hanya konsumen berumur 40 ke atas.

"Tren ke depan akan ada tambahan lagi, konsumen lebih mudah, pioner enterpreuner, mereka lebih suka dengan teknologi baru, suka dengan produk yang stylish oriented," ucap Anton.

"Penjualan Voxy pada tahun 2020 sampai 2021 berkisar 120 - 150 (unit), tapi sebenarnya kalau produk baru muncul kita berharap bisa naik di atas 200 sampai 250 unit per bulan, dan mudah-mudahan supply-nya cukup. Jadi bukan satu segmen yang cukup kecil," jelas dia.

Toyota Voxy hanya terdiri atas satu varian dengan 4 pilihan warna yaitu White Pearl, Glitter Black, Sparkling Black Pearl, dan Metal Stream. Mobil ini dijual Rp 588,4 juta (OTR Jakarta).



Simak Video "Innova Listrik atau bZ4X, Mobil Listrik Toyota Apa yang Akan Datang Tahun Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT