Sangar! BMW Rilis Safety Car MotoGP 2022, Bakal Jajal Sirkuit Mandalika

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 16 Feb 2022 07:10 WIB
BMW M2 CS safety car MotoGP 2022
BMW M2 CS Safety Car MotoGP 2022 (BMW)
Jakarta -

BMW merilis safety car baru untuk mengarungi musim MotoGP 2022. Mobil ini akan pertama kali terlihat pada MotoGP Qatar pada 6 Maret 2022.

Perusahaan otomotif asal Jerman ini sudah menjadi langganan safety car bagi MotoGP. Tahun ini, BMW M2 CS akan memimpin jalannya balapan.

"M singkatan dari Motorsport - sesuatu yang kami garis bawahi dengan BMW M2 CS Racing MotoGP™ Safety Car yang baru," kata Franciscus van Meel, CEO BMW M GmbH dalam keterangan resminya, Selasa (15/2/2022).

"BMW M GmbH menggabungkan mobil produksi berperforma tinggi dan motorsport di bawah satu atap. Karena alasan inilah kami memilih mobil balap dari jajaran BMW M Motorsport kami untuk menjadi Safety Car MotoGP™ baru," tambah dia.

Franciscus menambahkan penyelenggaraan balapan tahun ini bertepatan dengan perayaaan kiprah 50 tahun divisi mobil sport BMW M.

BMW M2 CS safety car MotoGP 2022BMW M2 CS safety car MotoGP 2022 Foto: BMW

"Pilihan yang tepat untuk menandai ulang tahun ke-50. BMW M2 CS Racing telah sukses di berbagai kejuaraan - dan, sebagai mobil balap murni, sangat cocok untuk memimpin lapangan sebagai mobil keselamatan di puncak balap motor," jelas dia.

Untuk perannya sebagai Safety Car MotoGP™, BMW M2 CS Racing hanya membutuhkan modifikasi di beberapa bagian, antara lain penambahan light bar dan lampu depan.

Menariknya, Livery BMW M2 CS Racing MotoGP™ Safety Cars baru mengacu pada peringatan 50 tahun dan berdasarkan logo ulang tahun BMW M GmbH, yakni perpaduan warna biru, merah, dan putih.

BMW M2 CS safety car MotoGP 2022BMW M2 CS safety car MotoGP 2022 Foto: BMW

Mobil balap ini juga memiliki alat bantu mengemudi khusus motorsport seperti ABS dan DSC, limited-slip diferential serta poros penggerak khusus, dan atap karbon.

Tahun 2022 menjadi musim ke-24 bagai BMW sebagai Official Safety Car MotoGP™'. BMW M2 CS Racing bakal tampil sebagai mobil keselamatan untuk pertama kalinya di Qatar. Setelah itu, sesuai jadwal akan mencicipi aspal Sirkuit Pertamina Mandalika pada 18 - 20 Maret mendatang.

BMW M2 CS dilengkapi dengan mesin 3.000cc enam silinder segaris TwinPower Turbo yang dikembangkan dari mesin S55 yang berasal dari BMW M4 Competition. Di atas kertas mobil ini mampu menyemburkan tenaga 450hp dan torsi sebesar 550 Nm. Performanya dapat melaju dari 0-100km/j dalam waktu 4 detik.

Selain itu, armada safety car lain dari lini BMW untuk musim MotoGP™ 2022 ialah BMW M3 Competition Safety Car, BMW M4 Competition Safety Car, BMW M5 CS Safety Car, BMW M8 Competition Gran Coupé Safety Car, BMW X5 M Competition Medical Car, dan dua motor BMW M 1000 RR.

BMW i4 M50 Safety Car yang sepenuhnya elektrik juga akan memimpin ajang FIM Enel MotoE™ World Cup, seri sepeda motor listrik yang diadakan pada program dukungan MotoGP™.



Simak Video "Gokil! Sekali Ngecas, Mobil Listrik BMW Ini Bisa Tempuh Jakarta-Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)