ADVERTISEMENT

Prediksi Tren Velg yang Paling Digemari pada 2022

team detikOto - detikOto
Senin, 14 Feb 2022 16:30 WIB
Velg mobil/tren velg mobil 2022
Velg JF Luxury Foto: Pool (JF Luxury)
Jakarta -

Meski pandemi masih terus menghantui, diprediksi hal tersebut tidak akan mempengaruhi penjualan velg di Indonesia. Bahkan bila bicara soal tren velg di 2022, diprediksi velg bergaya racing masih menjadi model yang paling digemari pecinta otomotif.

Seperti yang disampaikan Digital Marketing Head PT Sinar Agung Mulia, velg JF Luxury, meski saat ini prediksi gelombang ketiga pandemi COVID-19 masih akan melanda hingga akhir Februari mendatang, namun belajar sejak 2020 silam ketika pandemi dimulai, pasar velg aftermarket nyaris tak terganggu hingga saat ini.

"Sehingga kami yakin market velg aftermarket Indonesia tahun ini pun akan stabil bahkan diprediksi kian menanjak, seiring semakin banyaknya mobil-mobil baru dan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya," Rudy Ghupta menambahkan.

Ghupta menambahkan untuk tren velg 2022 sendiri, para pecinta otomotif yang hobi mempermak tampilan eksterior akan memilih velg-velg monoblock (1 piece) bergaya racing/sporty. Seperti velg dengan model palang, double spokes, maupun mesh.

"Hal tersebut menurut kami karena dipengaruhi kepraktisan dan keleluasaan aplikasinya untuk dipakai ke mobil apa saja. Apalagi saat ini yang banyak beredar adalah velg monoblock dengan metode pembuatan casting sehingga desain dan ukurannya sangat beragam. Dalam artian desain face, diameter, serta PCD-nya cocok untuk kebanyakan mobil-mobil yang beredar di tanah air," jelas Rudy Ghupta lagi.

Velg mobil/tren velg mobil 2022Velg mobil/tren velg mobil 2022 Foto: Pool (JF Luxury)



Prediksi tren selanjutnya menurut Ghupta ialah tahun ini orang akan semakin kritis soal kualitas velg sehingga velg dengan metode pembuatan flow forming akan makin banyak diminati. Untuk diketahui, velg flow forming adalah jenis velg yang dibuat dengan metode pengembangan dari casting (cetak), namun dipadu dengan teknik pembuatan diputar. Sehingga didapatlah velg dengan tingkat keringanan dan kekuatan seperti velg forging (tempa), namun harganya tidak jauh beda dengan velg cetak biasa.

Pemilihan velg flow forming ini pada akhirnya tidak sekadar urusan gaya modifikasi saja, lebih jauh dengan semakin baiknya infrastruktur jalan di tanah air, penggunaan mobil tak hanya dijadikan kendaraan komuter saja tetapi juga road trip. Maka tentunya dibutuhkan velg aftermarket yang berkualitas dan mampu mendukung kegiatan tersebut.

Selain itu kebutuhan velg berkualitas yang ringan, juga diperlukan untuk LCGC sesuai peruntukkannya sebagai mobil perkotaan yang stop and go dan hemat BBM. Maka tak heran velg dengan pembuatan flow forming disebut-sebut sebagai langkah revolusioner di dunia velg. Menggabungkan semua kelebihan jenis velg dan dapat dipakai ke mobil apa saja, sehingga sesuai dengan segala kebutuhan berkendara, baik harian maupun road trip.

"Sejak beberapa tahun lalu JF Luxury memiliki lini series JF FLOW FORGED yang merupakan model-model velg dengan metode pembuatan flow forming. Kami serius menggarap lini series ini karena kebutuhan velg enteng, kuat, dengan balancing sempurna makin meningkat dari tahun ke tahun. Makanya kami menyiapkan velg JF FLOW FORGED dengan range ukuran dan PCD yang luas agar dapat dipakai ke mobil apa saja, mulai ukuran 15-20 inci dan PCD 4x100 untuk compact car hingga 6x139.7 untuk SUV," jelas Rudy Ghupta.

Ghupta menambahkan semua velg JF FLOW FORGED dilengkapi standar kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan. Masing-masing adalah standar sertifikasi internasional JWL, VIA (Jepang), serta SNI sehingga memenuhi persyaratan untuk dijual di pasar Indonesia.



Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT