Hasil Uji Tabrak Toyota Camry, Mobil yang Ditumpangi AKP Novandi-Sis Zahra

ADVERTISEMENT

Hasil Uji Tabrak Toyota Camry, Mobil yang Ditumpangi AKP Novandi-Sis Zahra

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 10 Feb 2022 12:21 WIB
Foto-foto Camry terbakar tewaskan AKP Novandi Arya Kharisma dan Sis Zahra PSI
Camry terbakar tewaskan AKP Novandi Arya Kharisma dan Sis Zahra PSI. Foto: (Rakha Arlyantp Darmawan/detiikcom).
Jakarta -

Putra Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, AKP Novandi Arya Kharisma, tewas dalam sebuah kecelakaan di Senen, Jakarta Pusat. Mobil Toyota Camry yang ditumpanginya itu dikendarai oleh Fatimah, kader PSI yang akrab disapa Sis Zahra.

Toyota Camry itu menabrak separator busway. Mobil langsung terbakar hingga menewaskan AKP Novandi dan Sis Zahra.

Pingsan dan patah kaki membuat keduanya terjebak dalam mobil sedan yang terbakar. Kecelakaan tersebut terjadi pada Senin (7/2) sekitar pukul 00.30 WIB. Mobil Toyota Camry B-1102-NDY dikemudikan kader PSI yang akrab disapa Sis Zahra itu awalnya melaju dari arah Selatan ke Utara.

Sesampai di Jl Raya Pasar Senen, tepatnya seberang terminal bus Senen, mobil menabrak separator busway. Tidak lama kemudian percikan api keluar hingga menghanguskan mobil dan menewaskan keduanya.

Toyota Camry sebenarnya memiliki nilai yang sempurna dalam perlindungan terhadap penghuninya ketika terjadi kecelakaan. Mobil sedan itu telah diuji tabrak oleh ASEAN New Car Assessment Programme (NCAP) atau lembaga penguji mobil baru di ASEAN.

Dites tabrak oleh ASEAN NCAP, Toyota Camry meraih nilai maksimal. Sedan mewah dari Toyota itu mendapat penilaian lima bintang dengan total skor 91,47 persen.

Camry meraih 35,31 poin dari poin penuh 36 untuk perlindungan penumpang dewasa. Untuk dampak tabrakan depan, mobil ini meraih 15,31 poin dari poin penuh 16. Sementara untuk uji dampak samping meraih poin penuh 16. Untuk perlindungan kepala pun Camry dapat poin penuh.

Untuk proteksi penumpang anak-anak, sedan itu memperoleh 44,44 poin dari total 49 poin. Mobil ini mendapat 16 poin penuh untuk perlindungan anak dampak frontal, delapan poin penuh untuk tabrakan samping, 11,44 poin untuk kemudahan pemasangan bangku bayi, serta 9 poin untuk penilaian fitur yang ramah untuk kursi anak.

ASEAN NCAP juga menilai skor Safety Assist. Sedan ini mendapat nilai 14,22 poin dari 18. Itu termasuk delapan poin penuh untuk teknologi pengereman dan penghindaran tabrakan, tiga poin untuk pengingat pemakaian sabuk pengaman, 1,22 poin untuk teknologi blind spot, dan dua poin penuh untuk teknologi bantuan keselamatan canggih.

Simak video 'Satu Per Satu Misteri Kecelakaan AKP Novandi Mulai Terungkap':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT