ADVERTISEMENT

Fitur All New Toyota Veloz yang Buatnya Jadi MPV Premium & Canggih

Angga Laraspati - detikOto
Rabu, 09 Feb 2022 16:00 WIB
All New Toyota Veloz
Foto: Istimewa
Jakarta -

Toyota pada akhir tahun 2021 lalu meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Avanza Veloz. Generasi terbaru ini punya fitur baru yang premium dan canggih di kelas MPV 7 seater.

Diperkenalkan di tahun 2011, Veloz memang menjadi MPV kompak yang diperkenalkan oleh Toyota. MPV ini punya fitur yang lengkap dan juga model yang lebih stylish dari saudaranya yaitu Toyota Avanza.

Dengan pengembangan Toyota tiap waktunya, kali ini All New Toyota Veloz membawa angin segar dalam hal fitur dan juga teknologi canggih pertama di kelasnya. Lalu apa sajakah fitur yang membuat Toyota Veloz jadi MPV premium dan canggih?

Eksterior

Dimulai dari bagian eksterior terlebih dahulu. Toyota memperlihatkan tampilan yang memberikan kesan kokoh, tanggung dan agresif dari Toyota Veloz berkat kap mesin yang tinggi dengan grill yang memukau.

Bagian depannya juga terlihat lekukan kokoh yang dihiasi oleh New Advanced LED Headlamp with Sequential Turn Lamp. Lampu yang dimiliki oleh Veloz juga lebih besar dengan desain yang tajam dengan lekukan pada ujung lampu. Dilengkapi juga dengan New Fog Lamp yang semakin menyempurnakan bagian muka dari MPV ini.

Sampingnya, All New Veloz punya sebuah garis yang memancarkan kekuatan karena adanya Remarkable Chrome Window Belt, Fender Line & Roof Rail. Berkat desain ini, Veloz terbaru ini punya tampilan yang lebih tangguh.

Pada bagian sampingnya, Veloz semakin mempertegas dirinya sebagai premium cross MPV dengan New Side Stone Guard yang tidak hanya melindungi bodi samping, tetapi juga memperkuat kesan tangguh.

Tampilannya makin memukau dengan velg alloy 17 inci dengan tampilan advance (Q CVT & Q CVT TSS). Canggihnya lagi, Veloz dilengkapi dengan New Foot Lamp di bawah kaca spion samping untuk membantu penerangan di area gelap.

Sisi belakangnya, MPV ini punya reflektor yang tertata rapi yang dipercantik dengan aksen spoiler dan stop lamp yang elegan. New Veloz memiliki dimensi panjang 4.200 mm, lebar 1.650 mm, dan tinggi 1.695 mm. Serta, ground clearance-nya sekitar 200 mm dan bobot mencapai 1.085 kilogram.

Interior

Fitur baru lainnya yang ada pada MPV ini adalah New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan ringan pada lingkar kemudi yang dibalut kulit mewah, serta dilengkapi Drive Mode Switch (Q CVT).

Selain itu, All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah sebagai fitur premium bersama dengan New Electric Parking Brake with Brake Hold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Mesin

Dapur pacunya, All New Veloz ditenagai mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

Veloz juga mengubah penggeraknya menjadi tarikan depan yang dipadukan New Developed Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik spring rate dan damper.

Ada pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT. Veloz versi CVT dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap.

Fitur Keselamatan

Soal keselamatan, All New Veloz menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci yang diperkuat dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA).

MPV Ini juga dibekali fitur Vehicle Stability Control yang mampu menjaga kendaraan selama manuver cepat di tikungan dan Hill Start Assist yang memastikan start yang mulus di jalan menanjak juga tersedia.

All New Veloz juga dilengkapi dengan New All Round View Camera (Q CVT & Q CVT TSS) untuk lebih membantu manuver pengguna dengan memantau secara jelas situasi di sekitar All New Veloz. Ada juga, Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur.

Fitur canggih lainnya yaitu fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Veloz.

Veloz terbaru juga dilengkapi fitur keselamatan aktif yang mengandalkan sensor dan radar yakni Toyota Safety Sense (TSS) (Q CVT TSS). Ini menjadikan Veloz MPV pertama di kelasnya yang punya fitur tersebut.

Terdapat empat (4) fitur keselamatan yang ada pada TSS, pertama yaitu Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang dirancang untuk mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan. Terakhir adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak

Fitur Lainnya

All New Veloz juga didukung dengan fitur canggih terbaru Toyota yakni T Intouch yang sebelumnya hanya diterapkan pada model premium yaitu New Camry. T Intouch adalah teknologi yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA.

Dengan fitur ini, pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota. T Intouch di All New Veloz menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi dan manfaat terintegrasi.

Seperti fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Ada juga fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat.

Selain itu, T Intouch juga hadir dengan fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Serta fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pengguna mengalami kecelakaan.



Simak Video "Selisih Rp 50 Juta, Ini Perbedaan Harga Toyota All New Avanza dan Veloz"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT