IMI Siapkan Kapal Pesiar dari Bali ke Mandalika untuk Penonton MotoGP

Zefanya Aprilia - detikOto
Rabu, 09 Feb 2022 11:19 WIB
IMI
Foto: IMI
Jakarta -

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, pihaknya akan menyiapkan dua kapal untuk transportasi penonton MotoGP 2022 dari Bali ke Mandalika. Kapal pertama menggunakan kapal pesiar Ro-Ro Premium, KMP Dharma Kencana VII, sebagai floating accommodation.

"Pengguna kapal pesiar Ro-Ro Premium, KMP Dharma Kencana VIII juga bisa mendapatkan paket IMI MotoGP Cruise, 4 hari 3 malam. Meliputi akomodasi, transportasi laut, transportasi darat, plus tiket nonton MotoGP. Kapal akan berangkat pada 18 Maret 2022 dari pelabuhan Pelindo Benoa, Bali menuju pelabuhan Pelindo Gili Mas, Lombok. Kapal kemudian bersandar di Pelabuhan Pelindo Gili Mas pada 18-20 Maret 2022, penonton menginap di dalam kapal. Kembali ke Bali pada 21 Maret 2022," ujar Ketua MPR RI itu di Jakarta, Rabu (9/2/2022).

Sementara kapal kedua menggunakan fast boat, yang bisa mengantarkan penonton MotoGP dari Bali ke Mandalika dengan rute pergi-pulang (PP) dari Pelabuhan Padang Bai, Bali ke Pelabuhan Gili Mas, Lombok. Waktu berlayar sekitar 80-90 menit dan kapasitasnya mencapai 150 penumpang. IMI juga menyiapkan paket Mandalika 'N Beyond, 4 Hari 3 malam di Candidasa, Bali.

"Pada 18 Maret 2022 penonton MotoGP terlebih dahulu check in di Candidasa Bali. Tanggal 19-20 bisa menyaksikan Qualification Day dan Race Day MotoGP dengan menggunakan fast boat, PP dari Bali menuju Lombok. Tanggal 21 Maret 2022, penonton check out dari Candidasa Bali," jelas Bamsoet.

Menurut Bamsoet, kedua paket tersebut bisa memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat Bali dan Lombok. Selain itu, katanya, kedua paket tersebut juga menguntungkan penonton.

"Kedua paket tersebut semakin membuat penonton memiliki banyak pilihan akomodasi. Sekaligus sangat dibutuhkan untuk menyukseskan penyelenggaraan MotoGP. Mengingat penonton MotoGP ditargetkan mencapai 100 ribu orang. Sementara jumlah kamar hotel dan penginapan sejenisnya di Lombok masih terbatas. Data Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, jumlah kamar hotel di NTB, baik hotel berbintang maupun hotel melati sekitar 19.000 kamar. Jadi masih butuh ratusan ribu kamar lagi," pungkas Bamsoet.

Penyediaan transportasi dan akomodasi ini merupakan upaya IMI untuk menyukseskan penyelenggaraan MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB. Sebelumnya, IMI telah membantu jalur teknis ajang tersebut dengan penyediaan marshal dan tenaga medis.



Simak Video "Respons Sandiaga Uno Soal MotoGP Terancam Batal"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)