Nggak Jadi Sahabat Pom Bensin Lagi, Lamborghini Bikin Mobil Hybrid

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 24 Jan 2022 16:31 WIB
Lamborghini di IIMS 2019.
Lamborghini mau bikin mobil hybrid. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Sejumlah produsen otomotif kini tengah gencar melakukan elektrifikasi, termasuk merek ternama seperti Lamborghini. Rencananya, perusahaan supercar itu bakal menjual mobil dengan mesin bahan bakar internal (ICE) untuk yang terakhir kalinya pada tahun ini.

Beberapa waktu lalu Lamborghini telah mengumumkan seluruh model kendaraan miliknya bakal mengusung tenaga listrik pada 2024. Tapi, mulai tahun depan pabrikan asal Italia itu akan menjual mobil dengan mesin hybrid, baru di tahun 2024 bakal sepenuhnya mengusung electric vehicle (EV).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann. Ia mengatakan model kendaraan yang diluncurkan pada tahun ini merupakan yang terakhir kali mengusung mesin internal combustion engine (ICE).

"Ini akan menjadi yang terakhir kalinya kami hanya menawarkan mobil dengan mesin pembakaran internal," kata Winkelmann dikutip dari Automotive News Europe.

Artinya, mulai 2023 mendatang kendaraan Lamborghini yang dijual di pasaran semuanya telah mengusung teknologi hybrid, tidak akan ada lagi yang murni mengusung mesin BBM.

Diketahui, mesin besar pada Lamborghini membuat supercar itu harus sering mampir ke pom bensin. Dengan teknology hybrid, mungkin Lamborghini bakal lebih irit lagi.

Kabarnya, Lamborghini telah menyiapkan empat model kendaraan baru di tahun ini, sebagai persiapan untuk melakukan elektrifikasi. Namun belum diketahui secara pasti apa saja model Lamborghini yang bakal ditenagai listrik.

Tapi ada sejumlah rumor yang beredar supercar Lamborghini Aventador bakal menjadi salah satu dari empat model kendaraan yang diluncurkan tahun ini. Selain itu Lamborghini Urus hybrid dikabarkan bakal diluncurkan dalam waktu dekat. Sayangnya semua kabar tersebut belum pasti karena Lamborghini masih menutup rapat-rapat.

Yang jelas, Winkelmann mengatakan saat ini Lamborghini masih terus bekerja dalam mengembangkan desain terakhir untuk mobil listrik pertamanya. Ia memberikan sedikit bocoran jika mobil EV tersebut lebih condong ke model empat pintu dan cocok digunakan untuk sehari-hari.

Dalam persiapan elektrifikasi, Lamborghini telah menyiapkan dana besar dengan angka mencapai 1,5 miliar euro atau setara Rp 24,3 triliun hanya untuk transisi dari mesin BBM ke plug-in hybrid. Tahap pertama peluncuran model kendaraan Lamborghini hybrid dilakukan mulai awal 2023, sedangkan untuk kendaraan listrik baru dimulai pada 2024.



Simak Video "Beli Lamborghini Rp 12 M, Hotman Paris: Cash! "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)