Mitsubishi Xpander Kini Pakai CVT, Apa Untungnya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 20 Jan 2022 18:06 WIB
Mitsubishi New Xpander
Mitsubishi Xpander kini pakai transmisi CVT. Apa untungnya? Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Sejak diluncurkan tahun lalu, Mitsubishi Xpander matic ditawarkan dengan transmisi CVT (Continous Variable Transmission) baru. Apa untungnya pakai transmisi CVT?

Sistem transmisi CVT berbeda dengan transmisi otomatis konvensional atau yang biasa disebut torque converter. Pada transmisi CVT, peranti yang digunakan adalah puli dan sabuk baja. Kedua komponen ini berfungsi untuk menggerakkan transmisi sementara perubahan gigi rasio akan menyesuaikan berdasarkan putaran mesin.

Bedanya, transmisi otomatis konvensional menggunakan torque converter, planetary gear set, dan hydraulic control unit. Torque converter berfungsi menggantikan kerja pedal kopling pada mobil manual, sementara planetary gear merupakan rasio gigi di dalam sistem transmisi. Kemudian hydraulic control unit memiliki fungsi untuk mengatur perpindahan gigi saat mobil melaju.

Pereli nasional yang juga brand ambassador Mitsubishi di Indonesia, Rifat Sungkar, mengatakan CVT menjadi teknologi wajib untuk mobil zaman sekarang. Sebab, penggunaan transmisi CVT akan meminimalisir friksi yang terjadi.

"Dengan friksi yang sedikit mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan," ujar Rifat.

"Saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan. Yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500 RPM, di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada. Ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kick down memang ada tapi dipertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," lanjutnya.

Dikutip dari situs resmi Mitsubishi Motors, ada beberapa keuntungan menggunakan transmisi CVT. Pertama, saat berpindah gigi tarikannya sangat halus bahkan tidak terasa.

Kemudian, transmisi CVT bisa memberikan daya engine brake yang lebih besar, tanpa harus shifting atau menurunkan gigi, termasuk pada saat jalanan menanjak.

Tak cuma itu, keunggulan dari CVT adalah kecilnya power loss sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebihan karena RPM lebih stabil. Penggunaan transmisi CVT diklaim memberikan keuntungan lebih hemat bahan bakar. Tapi, soal hemat bahan bakar kembali lagi pada gaya berkendara masing-masing orang dan kondisi jalannya.



Simak Video "Ternyata Ini Sebab Suspensi Xpander Disebut Lebih Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)