Kemungkinan Tak Dapat Diskon PPnBM, Ini Modal Xpander Jegal Lawannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 20 Jan 2022 10:21 WIB
Mitsubishi New Xpander
Mitsubishi Xpander. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Pemerintah memperpanjang program diskon PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah). Tahun ini, syarat mobil yang dapat diskon PPnBM berbeda. Mobil yang akan mendapatkan diskon PPnBM adalah mobil LCGC dan mobil seharga Rp 200-250 juta.

Saat ini pemerintah masih merumuskan persyaratan untuk mobil-mobil yang berhak mendapat diskon PPnBM lanjutan. Belum dipastikan mobil apa saja yang dapat diskon PPnBM. Begitu pula syarat harga Rp 200-250 juta yang ditetapkan apakah harga on the road atau off the road) sebelum pajak.

Kalau yang menjadi syarat adalah harga on the road, kemungkinan Mitsubishi Xpander tidak mendapatkan fasilitas ini. Sebab, harga Xpander lebih dari Rp 250 juta. Satu-satunya tipe Mitsubishi Xpander yang harganya di bawah Rp 250 juta adalah Xpander tipe terbawah, yaitu GLS MT seharga Rp 249.930.000. Sisanya di atas Rp 250 juta, bahkan tertinggi mencapai Rp 299.770.000 tipe Ultimate CVT.

Meski kemungkinan tidak dapat diskon PPnBM, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yakin Mitsubishi Xpander masih diminati konsumen di Indonesia.

"Kami percaya produk kami selalu value for money, harganya sesuai dengan nilai yang didapatkan, kami selalu sajikan produk terbaik buat konsumen," kata Director Sales and Marketing Division PT MMSI Tetsuro Tsuchida.

Dia kemudian membandingkan Mitsubishi Xpander dengan kompetitornya. Menurutnya, Mitsubishi Xpander saat ini menawarkan fitur-fitur yang berbeda.

"Kami setiap melakukan (pengembangan) produk selalu melakukan penelitian dan segmentasi produk. Ini produk yang sangat matang sehingga konsumen dapat kendaraan yang memenuhi harapan mereka. Xpander baru dengan fitur-fitur terbaik di kelasnya, kami berusaha menawarkan produk terbaik dan TCO (total cost ownership) yang terbaik, serta layanan aftersales, resale value yang terbaik," ucapnya.

Mitsubishi mengklaim, Xpander memiliki penurunan harga jual kembali (resale value) yang lebih rendah. Hasil riset MMKSI menemukan, penurunan harga jual kembali Xpander yang berumur satu tahun hanya 14,8%. Sedangkan untuk unit Xpander bekas berumur dua tahun dan tiga tahun persentase penurunan harga adalah 17.1% hingga 20.3%, masih lebih rendah dibandingkan kompetitornya. Itu merupakan hasil riset internal MMKSI dengan menggunakan sampel mobil bekas dari marketplace/situs jual-beli mobil bekas untuk Xpander dan merek lain di kelasnya yang terdapat di area Jabodetabek.

Tetsuro juga menyebut Xpander memiliki total biaya kepemilikan yang rendah. Pembelian Xpander dilengkapi dengan paket perawatan Smart Silver yang di dalamnya termasuk gratis biaya jasa servis dan suku cadang hingga 50.000 km atau 4 tahun, termasuk asuransi jiwa dan satu kali penggantian kerusakan ban hingga 1 tahun. Konsumen juga bisa mendapatkan oli MMGO dan chemical item, layanan darurat 24 jam, serta garansi kendaraan selama 3 tahun atau hingga 100.000 km.

Lanjut halaman berikutnya: Spesifikasi Mitsubishi Xpander Terbaru, Bisa Jegal Lawannya?

Simak juga Video: Mulai Rp 100 Jutaan, Daftar Harga Mobil yang Dapat Diskon PPnBM 100%

[Gambas:Video 20detik]