Mercedes Vision EQXX: Mobil Listrik Berdaya Tempuh 1.000 Km

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 16 Jan 2022 09:12 WIB
Mercedes-Benz Vision EQXX
Foto: Mercedes-Benz. Mercedes-Benz Vision EQXX.
Jakarta -

Mercedes-Benz memperkenalkan mobil listrik konsep baru bernama Vision EQXX. Mobil listrik berjenis sedan ini diklaim memiliki keunggulan dari sisi daya tempuh, di mana Mercedes-Benz mengklaim bahwa Vision EQXX bisa menempuh jarak hingga 1.000 km saat baterai terisi penuh.

Mercedes-Benz menilai bahwa mobil listrik tidak hanya harus memiliki teknologi canggih maupun baterai besar. Lebih dari itu, hal terpenting dari sebuah mobil listrik adalah bagaimana ia mampu melaju sejauh mungkin untuk mengantarkan penumpangnya sampai tempat tujuan.

Mercedes-Benz Vision EQXXMercedes-Benz Vision EQXX Foto: Mercedes-Benz

Pabrikan asal Jerman itu telah menguji model EQS 245 kW (konsumsi listrik gabungan WLTP: 19,8-15,7 kWh/100 km; emisi CO2: 0 g/km), yang disebut-sebut mampu menempuh jarak 679 km dengan sekali pengisian daya, atau 124 km lebih jauh dari mobil lain yang telah diuji sebelumnya.

Seolah ingin melanjutkan capaian itu, Mercedes-Benz memperkenalkan Vision EQXX yang diklaim memiliki jarak tempuh hingga mencapai 1.000 km. Itu menjadi catatan yang mengesankan di industri kendaraan listrik.

"Vision EQXX adalah produk Mercedes-Benz paling efisien yang pernah kami buat dengan konsumsi energi yang menakjubkan, kurang dari 100 kWh per 100 km. Mobil ini memiliki jangkauan lebih dari 1.000 kilometer hanya dalam sekali pengisian daya," kata Ola Källenius, Chairman of the Board of Management of Daimler AG and Mercedes-Benz AG, dalam keterangan resminya.

Mercedes-Benz Vision EQXXMercedes-Benz Vision EQXX Foto: Mercedes-Benz

Vision EQXX dikemas dengan peningkatan efisiensi yang melampaui batasan dengan penggabungan dari teknologi yang canggih dan kerja tim yang baik. Hasilnya akan menjadi prototipe riset kendaraan yang dapat menghasilkan jarak tempuh yang lebih jauh, tapi menggunakan energi yang lebih sedikit.

Secara keseluruhan, pencapaian teknik efisiensi menghasilkan konsumsi energi yang luar biasa, kurang dari 10 kWh per 100 km (efisiensi lebih dari 6 mil per kWh). Dengan sistem baru yang radikal dan dirancang sendiri, mobil ini bisa mencapai efisiensi hingga 95%.

Mobil ini bisa menjangkau jarak lebih dari 1.000 km (lebih dari 620 mil), dengan sekali pengisian daya di jalan umum, mengakhiri kekhawatiran mengenai jarak tempuh mobil listrik yang biasanya cukup pendek dan terbatas.

(lua/rgr)