LCGC Kena Pajak 3%, Berapa Kenaikan Harga Brio Satya?

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 14 Jan 2022 12:49 WIB
Honda Brio Satya
Honda Brio Satya Foto: dok. Honda Prospect Motor
Jakarta -

Pemerintah sudah mengeluarkan aturan baru yang menyatakan bahwa mobil berkategori Low Cost and Green Car (LCGC) akan dikenakan pajak 3 persen berdasarkan Permenperin No. 36, yang mengatur berdasarkan pajak berdasarkan Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Hmm, kira-kira berapa kenaikan harga yang ditawarkan Honda untuk produk Brio Satya nih?

Memang Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, menjelaskan saat ini Honda belum menjual Honda Brio Satya produksi 2022. Hal tersebut dikarenakan belum diumumkannya model LCGC apa aja yang disetujui pemerintah untuk masuk ke dalam skema pajak LCEV.

Di kesempatan yang sama lelaki yang kerap disapa Billy ini juga belum bisa membocorkan berapa harga jual Honda Brio Satya 2022, saat mendapatkan pajak 3 persen.

"PPnBM naik 3 persen, tapi aturan detailnya belum keluar. Kita masih tunggu aturan mengenai kenaikan PPnBM 3 persen itu dan siapa saja yang masuk ke program KBH2. Kita sudah register sih (Brio Satya untuk masuk KBH2), teman-teman (pabrikan otomotif lainnya yang ikut dalam program melahirkan LCGC) yang lain juga sudah," kata Billy di Ungaran Semarang Jawa Tengah.

"Sabar saja, sebentar lagi keluar kok itu (Juklak-nya) mengenai KBH2 dengan PPnBM 3 persen (sehingga Honda bisa mengeluarkan harga Honda Brio). Jadi sekarang yang dijual VIN (Vehicle Indentification Number)-nya 2021, sekarang yang 2022 masih belum," Billy menambah.

Sebagai catatan, dalam situs resmi Honda mobil, Honda Brio Satya saat ini dijual dalam 3 varian yakni Honda Brio Satya S M/T, Hond Brio Satya E M/T, dan Honda Brio Satya E CVT.

Honda Brio Satya/ Honda BrioHonda Brio Satya/ Honda Brio Foto: dok. Honda Prospect Motor

Ketiga model Brio Satya ini mengusung spesifikasi yang sama, yaitu mengusung mesin 1.2 L SOHC i-VTEC Engine 90 PS, mengusung sistem keamanan ABS dan EBD, memiliki velg berukuran 14 inci Alloy Wheels, Headlamp With LED Lamp Guide dan LED High Mount Stop Lamp.

Soal harga dalam situs website resmi Honda Indonesia, Honda sudah mencantumkan pengumuman bahwa harga yang tertera adalah harga untuk nomor rangka tahun 2021. Harga untuk nomor rangka tahun 2022 akan disesuaikan dengan aturan yang berlaku kemudian.

Berikut daftar harga Honda Brio Satya di Indonesia:

- Honda Brio Satya S M/T: Rp 153.400.000
- Honda Brio Satya E M/T: Rp 162.400.000
- Honda Brio Satya E CVT: Rp 177.400.000



Simak Video "Mulai Rp 100 Jutaan, Ini Daftar Harga Mobil LCGC Per Juli 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)