Unik, Jepang Bikin Bus yang Bisa Jalan di Rel Kereta.

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 27 Des 2021 11:43 WIB
Jepang Bikin Bus yang Bisa Jalan di Rel Kereta
Jepang Bikin Bus yang Bisa Jalan di Rel Kereta. Foto: Dok. Asa Railway Company.
Jakarta -

Jepang merupakan salah satu negara yang sering menghadirkan inovasi baru dan canggih. Terbaru, sebuah perusahaan kereta api menciptakan kendaraan mode ganda (dual-mode vehicle atau DMV) yang diklaim sebagai pertama di dunia.

Dikutip dari Japan Times, perusahaan bernama Asa Coast Railway menciptakan sebuah kendaraan yang bisa dikendarai di dua jalur berbeda, yakni jalan raya dan rel kereta api. Perusahaan tersebut baru saja meluncurkan kendaraan DMV kepada publik pada Sabtu (25/12/2021) di Kota Kaiyo, Prefektur Tokushima, Jepang.

Kendaraan DMV ini terlihat seperti minibus pada umumnya yang dapat berjalan secara normal di jalan raya. Namun ketika berada di sebuah perlintasan, roda baja yang tertanam di dalam bus keluar perlahan dan disejajarkan dengan rel kereta. Alhasil, kendaraan ini berubah dari bus menjadi sebuah kereta.

Roda baja kereta bertugas untuk mengangkat ban depan keluar dari jalan raya, sementara roda belakang tetap berada di bawah untuk mendorong kendaraan DMV tersebut masuk ke jalur kereta api. Untuk mengubah DMV dari mode jalan raya menuju kereta api hanya membutuhkan waktu 15 detik saja.

Kapasitas DMV dapat mengangkut hingga 21 penumpang di dalamnya. Lalu untuk kecepatannya terdapat perbedaan, saat di jalan raya DMV dapat melaju hingga kecepatan mencapai 100 km per jam. Namun ketika berjalan di atas rel kereta api, kecepatan DMV sedikit melambat yakni 60 km per jam saja.

Jepang Bikin Bus yang Bisa Jalan di Rel KeretaJepang Bikin Bus yang Bisa Jalan di Rel Kereta Foto: Dok. Asa Railway Company

Shigeki Miura selaku CEO Asa Coast Railway mengatakan, hadirnya DMV ini dapat membantu sejumlah kota kecil di Jepang, di mana banyak masyarakat dengan golongan usia tua yang ingin melakukan perjalanan ke berbagai kota dengan mudah.

"Kendaraan Ini (DMV) dapat menjangkau penduduk setempat (sebagai bus), dan membawa mereka ke atas rel kereta api juga," kata Miura.

"Terutama untuk di daerah pedesaan dengan populasi yang didominasi oleh golongan tua, kami berharap ini menjadi bentuk transportasi umum yang sangat baik," ujarnya.

Kendaraan DMV ini akan menggunakan diesel sebagai bahan bakarnya. Bus yang bisa berjalan di aspal dan rel kereta api ini bakal digunakan di sepanjang bagian pantai pulau Shikoku, Jepang Selatan. DMV akan menghubungkan sejumlah kota kecil di Jepang dan menawarkan pemandangan tepi laut yang indah bagi penumpang.



Simak Video "Polisi Tangkap 3 Pelaku Spesialis Pencuri Rel Kereta Api di Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)