Raize Juara! Ini SUV Kecil Paling Diburu di Indonesia Tahun 2021

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 22 Des 2021 10:19 WIB
Jakarta -

Segmen small SUV semakin ramai di pasar otomotif Indonesia. Tahun ini, banyak pendatang baru di segmen SUV kecil tersebut. Yang cukup ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia adalah hadirnya si kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Segmen SUV memang tengah ngetren di dunia. Tak cuma secara global, SUV juga semakin diminati oleh konsumen Indonesia.

Pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan, tren SUV akan terus meningkat ke depannya. Sebab, meskipun jalanan di Indonesia sebagian besar sudah bagus, tapi Indonesia termasuk salah satu negara yang rawan bencana, sehingga SUV jadi pilihan paling rasional untuk menghadapi segala situasi dan kondisi jalanan.

Toyota Raize meluncur di Indonesia pada 30 April 2021.Toyota Raize meluncur di Indonesia pada 30 April 2021. Foto: Toyota Astra Motor

"SUV ini akan semakin menarik, tidak hanya untuk pasar Indonesia saja, tapi juga pasar dunia. Saya menyoroti dua merek dunia yang kita kenal, sebetulnya kiprahnya di sedan mewah, contohnya Rolls-Royce dan Bentley. Mereka mau masuk ke SUV. Saya bertanya-tanya, kenapa ya, mereka mau banting setir? Jadi ketika pasar Indonesia itu memang membesar di SUV itu nggak salah, karena sejalan tren dunia. Kalau nggak ngapain merek besar ke sana. Mereka sudah comfort 100 tahun dengan industrinya," kata Bebin beberapa waktu lalu.

Hingga akhirnya, muncul jenis mobil SUV kecil atau small SUV. Di Indonesia, saat ini segmen small SUV diramaikan oleh empat model. Antara lain Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet dan Nissan Magnite. Siapa yang paling laris?

Berdasarkan data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Raize menjadi small SUV yang paling laris di Indonesia. Sepanjang Januari-November 2021, penjualan Toyota Raize terbanyak di segmennya. Selama 11 bulan ini, Toyota menjual Raize sebanyak 20.479 unit.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021). Foto: Rengga Sancaya

Sementara kembarannya, Daihatsu Rocky, menjadi small SUV terlaris kedua. Selama Januari sampai November 2021, Daihatsu Rocky mencatatkan penjualan sebanyak 10.407 unit.

Kemudian Kia Sonet menjadi Small SUV terlaris ketiga. Penjualan Kia Sonet tercatat sebanyak 2.320 unit.

Terakhir adalah Nissan Magnite. Small SUV Nissan tersebut mencatatkan penjualan sebanyak 404 unit.

Berikut data penjualan Small SUV Januari-November 2021:

  1. Toyota Raize: 20.479 unit
  2. Daihatsu Rocky: 10.407 unit
  3. Kia Sonet: 2.320 unit
  4. Nissan Magnite: 404 unit.
(rgr/din)