Lagi Cari Mobil Murah? Cek Dulu Nih yang Paling Laris

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 20 Des 2021 21:15 WIB
LCGC
Ilustrasi saat mobil LCGC pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Foto: detikOto
Jakarta -

Segmen low cost green car (LCGC) masih menjadi salah satu kelas yang paling diincar konsumen di Indonesia. Sebab, LCGC masih menawarkan harga yang terjangkau, Rp 100 jutaan.

Pasal LCGC masih menjanjikan. Data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, peminat LCGC maasih cukup banyak. Buktinya, sepanjang Januari sampai November 2021 LCGC terjual sebanyak 133.258 unit.

Segmen LCGC menyumbang penjualan sebesar 17% untuk penjualan mobil secara keseluruhan. Itu artinya, peminat LCGC masih besar, meski harganya terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Kamu lagi cari LCGC baru? Mobil mana sih yang jadi LCGC paling laris di Indonesia?

Berdasarkan data Gaikindo, LCGC dengan kapasitas tempat duduk 7 orang menjadi yang paling banyak diminati. Daihatsu Sigra menjadi LCGC paling laris sepanjang Januari-November 2021. LCGC 7-seater dari Daihatsu tersebut mencatat penjualan wholesales sebanyak 36.717 unit.

Selanjutnya, Toyota Calya mengisi posisi kedua LCGC terlaris di Indonesia. Kembaran Daihatsu Sigra itu mencatat penjualan sebanyak 32.258 unit.

Di urutan ketiga adalah Honda Brio Satya. Honda Brio Satya yang tahun lalu menjadi mobil paling laris di Indonesia bersama Honda Brio RS tersebut terjual sebanyak 26.308 unit. Honda Brio Satya menjadi LCGC 5-seater terlaris sepanjang Januari-November 2021.

Selanjutnya di tempat keempat ada Daihatsu Ayla. Selama 11 bulan tahun 2021, Daihatsu menjual Ayla sebanyak 20.159 unit. Sedangkan kembarannya, Toyota Agya, terjual sebanyak 15.306 dan menempati urutan kelima mobil LCGC paling laris di Indonesia selama 2021.

Terakhir ada Suzuki Karimun Wagon R. Mobil LCGC Suzuki itu terjual sebanyak 2.510 unit. Suzuki sendiri telah mengumumkan penghentian produksi Karimun Wagon R untuk menyambut kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Lanjut halaman berikutnya: Daftar Harga LCGC per Desember 2021.