Spesifikasi Kia Carens 2022 yang Baru Meluncur di India, Berapa Harganya?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 20 Des 2021 09:50 WIB
Kia Carens
Kia Carens. Foto: Dok. Kia
Jakarta -

Kia Carens 2022 resmi meluncur di India dengan membawa tampilan yang benar-benar fresh. Mengusung perpaduan gaya MPV dan Crossover, Kia Carens bersaing langsung dengan Suzuki Ertiga dan XL6. Lalu seperti apa spesfikasi dan harga yang ditawarkan Kia Carens?

Mulai bagian eksterior, Kia Carens mengadopsi filosofi desain terbaru yang disebut Opposites United. Desain fascia Kia Carens kini mirip dengan kakaknya, All New Sportage. Mobil ini dibekali lampu LED daytime running yang ramping, lampu depan yang dipasang di bumper, dan grille yang berani. Baik fender depan dan belakang hadir dengan lekukan-lekukan yang lebih sporty.

Geser ke bagian belakang Kia Carens, dibekali lampu LED yang agresif. Desain bumper belakang pun dibuat kekar dan unik dengan tambahan aksen krom dan reflektor. Terdapat pula spoiler dan antena model shark fin yang membuat tampilannya jadi lebih sporty. Menguatkan kesan SUV, di bagian samping disematkan body cladding hitam dan velg dual tone 16 inci.

Kia CarensKia Carens Foto: Dok. Kia

Bicara dimensi, generasi terbaru Kia Carens memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.700 mm. Jika dibandingkan dengan model Carens sebelumnya, model baru ini lebih panjang 15 mm, lebih sempit 5 mm, dan lebih tinggi 90 mm. Lalu jika bicara jarak sumbu rodanya, juga dipanjangkan menjadi 30 mm, kini berukuran 2.780 mm. Untuk aspek ground clearance (jarak terendah ke tanah) tidak disebutkan.

Lanjut ke bagian interior, Kia Carens 2022 tampil serba stylish dan berkelas. Di tengah dasbor terdapat sistem infotainment layar sentuh 10,25 inci yang dikelilingi panel hitam mengkilap. Lalu di bawahnya ada tombol untuk mengontrol sistem HVAC (Heating, Ventilation, Air Conditioning) yang kini semakin modern dengan lampu ambient LED 64 warna.

Demi menunjang kenyamanan penumpang, mobil ini sudah dilengkapi Retractable Seatback Tables. Tidak hanya dilengkapi cup holder terintegrasi, tetapi juga dapat digunakan untuk meletakkan berbagai gadget seperti laptop atau tablet. Sebagai bonus tambahan, kursi baris kedua dilengkapi One Easy Touch Electric Tumble, sehingga memudahkan untuk masuk/keluar dari baris ketiga. Kabarnya Kia Carens akan tersedia dalam 6 dan 7 pilihan kursi.

Kia CarensKia Carens Foto: Dok. Kia

Fitur berteknologi tinggi lainnya yang tersedia di Carens 2022 termasuk kursi depan berventilasi, interior bermaterial full kulit, pengisi daya telepon dengan sistem nirkabel, 5 port pengisian USB-C, paddle shifter yang dipasang di lingkar kemudi, wiper penginderaan hujan, dan sensor parkir depan/belakang.

Di bawah kap mesin Carens tersedia tiga pilihan dapur pacu. Pertama adalah mesin 4 silinder segaris 1,5 liter N/A yang menghasilkan 115 PS dan torsi 144 Nm. Berikutnya adalah mesin empat silinder 1,4 liter turbocharged yang lebih bertenaga yang menghasilkan tenaga 140 PS dengan torsi 242 Nm. Kemudian selanjutnya adalah mesin turbo-diesel 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 115 PS dan torsi 250 Nm.

Mesin 1,5 liter Kia Carens dibekali sistem transmisi manual enam percepatan, sedangkan mesin 1,4 liter turbocharged mendapat sistem transmisi kopling ganda (dual clutch transmission) tujuh percepatan. Sedangkan untuk turbo-diesel 1,5 liter disandingkan dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Kia CarensKia Carens Foto: Dok. Kia

"Dengan desain yang berani, fitur berteknologi tinggi, dan sistem keselamatan terdepan di industri, Kia Carens siap menciptakan segmen dan tolok ukur industri yang sepenuhnya baru untuk kendaraan keluarga. Kia secara khusus merasa terhormat untuk meluncurkan Carens di India, di mana ide dan inovasi baru mulai terbentuk. Kami yakin bahwa Kia Carens akan memberikan pengalaman yang berarti bagi keluarga modern baik dalam kehidupan sehari-hari maupun rekreasi mereka," kata Ho Sung Song, presiden dan CEO di Kia Corporation, dikutip dari Autoindustriya.

Kia Carens 2022 akan mulai dijual di India pada kuartal pertama 2022. Selain di India, mobil ini kemungkinan besar juga akan diekspor ke berbagai dunia. Apakah Kia Carens terbaru juga akan dipasarkan di Indonesia? Kemungkinan itu sangat besar lagi, apalagi saat ini PT Kreta Indo Artha (KIA) memasarkan model-model Kia yang diimpor dari India, seperti Kia Seltos dan Kia Sonet.

(lua/rgr)