Toyota Hadirkan Pick Up Listrik, Jadi Penantang Tesla Cybertruck?

ADVERTISEMENT

Toyota Hadirkan Pick Up Listrik, Jadi Penantang Tesla Cybertruck?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 16 Des 2021 21:09 WIB
Mobil Listrik Toyota Pickup EV
Truk pick up yang muncul dalam pengenalan produk elektrifikasi Toyota secara global (Toyota Global)
Jakarta -

Toyota telah berkomitmen untuk melakukan investasi besar pada kendaraan listrik dan menyatakan bakal menjual jutaan mobil EV pada 2030. Salah satu kendaraan yang memikat perhatian adalah truk pick up listrik, yang bisa saja jadi pesaing Tesla Cybertruck atau Ford Lightning 150.

Meski dianggap sebagai pionir kendaraan listrik saat meluncurkan Prius beberapa tahun silam, Toyota kini malah tertinggal dalam pengembangan dan penjualan mobil listrik. Keseriusan pabrikan asal Jepang itu baru ditunjukkan pada awal pekan ini saat mereka memamerkan sederet mobil listrik yang diyakini akan jadi andalan penjualan dalam beberapa tahun ke depan.

Dikutip dari Carscoops, pabrikan asal Jepang tersebut akan meluncurkan 15 model kendaraan listrik pada 2025 mendatang. Lalu pada 2030, jumlah mobil listriknya bakal bertambah menjadi 30 model.

Dari belasan mobil yang dipamerkan, salah satunya terdapat pick up listrik dua kabin berkelir putih.

Dari sisi desain, fisik pick up ini sangat kental dengan identitas kendaraan listrik. Di mana grille dibuat rapat dan diberi aksen pola geometris horizontal.

Pick up listrik ini mengingatkan kita pada Toyota Tacoma. Meski pada beberapa bagian juga kental nuansa Toyota Tundra 2022, termasuk pemasangan bumper berwarna hitam dan lampu kabut yang diletakkan secara horizontal.

Model konsep truk listrik Toyota.Model konsep truk listrik Toyota. Foto: Toyota

Mundur sedikit ke belakang, Toyota memberikan warna hitam pada pilar A, untuk kemudian melanjutkan kelir gelap tersebut sampai ke bagian atap.

Untuk bagian ekor, tidak ada gambar/foto yang ditunjukkan oleh Toyota. Namun diyakini taillights pick up ini juga mengadopsi desain lampu Tundra.

Sementara bentuk tapak ban pada pick up EV ini terlihat kasar, hal ini mengindikasikan jika pick up ini siap diajak bertualang ke medan off road.

Hanya saja, Toyota sama sekali tidak memberikan informasi secara detail mengenai pick up listrik tersebut, baik nama maupun spesifikasinya. Sehingga hanya dapat dilihat dari wujud luarnya saja.

Toyota bahkan juga tidak memberikan keterangan apapun soal pick up listrik tersebut, entah hanya merupakan konsep saja, untuk bagian dari riset, atau sudah siap diproduksi secara massal.

Namun diprediksi, hadirnya pikap listrik Toyota ini akan menjadi pesaing serius dari Tesla Cybertruck dan juga Ford F-150 Lightning. Mengingat segmen pikap EV tengah melonjak naik, Toyota juga tidak mau ketinggalan momentum tersebut.

Sejauh ini Tesla Cybertruck telah dipesan lebih dari 1 juta unit sejak pertama kali diperkenalkan pada 2019 lalu. Meski belum ada tanda-tanda kapan pikap listrik tersebut bakal masuk ke tahap produksi, namun masih banyak konsumen yang tertarik.

Sementara Ford telah meluncurkan F-150 Lightning sebagai penantang Tesla Cybetruck. Pikap listrik tersebut juga laris manis dipesan oleh konsumen, di mana sudah mencapai angka 200 ribu unit sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun ini.



Simak Video "Ketika Toyota bZ4X Dites Tabrak Secara Ekstrem, Bagaimana Hasilnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT