Waduh! Mobil Renault Ini Dapat Bintang Nol Saat Dites Tabrak Euro NCAP

Tim detikc - detikOto
Senin, 13 Des 2021 12:55 WIB
Crash Test Renault Zoe Euro NCAP
Wujud Renault Zoe yang dites tabrak oleh Euro NCAP Foto: dok. Euro NCAP
Jakarta -

Renault Zoe harus puas mendapat bintang nol, dari maksimal lima bintang, saat dites tabrak di Euro NCAP safety test. Zoe menjadi satu dari tiga mobil yang mendapat bintang nol dari Euro NCAP.

Dilansir dari Top Gear, hasil ini mereka dapatkan karena 'concious decision' atau keputusan sadar untuk melepas bagian dari airbag kepala dan dada.

Selain itu, Zoe juga mendapat hasil yang buruk dalam uji tiang samping. Dimana saat Euro NCAP membuat rekayasa uji dengan benturan seperti pohon atau tiang lampu ke Renault Zoe, hasilnya terjadi kecelakaan fatal dan serius kepada mobil ini.

[Gambas:Youtube]

Boneka yang menjadi kelinci percobaan, harus terbentur kepalanya dan menurut para ahli dapat mengakibatkan cedera yang mengancam jiwa, jika terjadi skenario kecelakaan yang sama di dunia nyata.

Menariknya, Renault Zoe pernah dites Euro NCAP pada 2013 silam dan mendapat hasil bintang penuh alias bintang lima. Namun, pabrikan asal Perancis ini mengganti spesifikasi perangkat keselamatan pada Renault Zoe edisi terbaru ini.

Dilansir dari Car Wow, Matthew Avery, Chief Research Strategy Officer Thatcham Reasearch, selaku peneliti yang bekerjasama dengan Euro NCAP mengatakan bahwa hasil yang didapatkan oleh Renault Zoe sekarang ini perlu mendapat perhatian serius. Pasalnya Zoe sudah pernah dapat hasil baik pada pengujian sebelumnya.

Renault juga memberikan pernyataan resmi terkait hal ini. Menurut mereka, mobil yang mereka jual adalah kendaraan yang aman dan sudah mematuhi seluruh standar keselamatan yang berlaku. Bahkan menurut Renault, sejumlah peranti pintar untuk mendukung keselamatan berkendara juga sudah mereka tanamkan.

"Zoe diluncurkan pada tahun 2013 dan menerima 5 bintang dengan protokol EuroNCAP pada waktu itu. Protokol EuroNCAP sejak tahun 2013 mengalami lima kali perubahan. Dengan peralatan yang sama, sebuah model bisa kehilangan hingga dua bintang di setiap perubahan protokol," papar Renault dilansir dari Car Wow.

"Evolusi Zoe saat ini diputuskan pada tahun 2017 dengan mengadaptasi peralatan keselamatan pasif ke kecelakaan nyata dan memperbarui mobil dengan peralatan ADAS yang canggih seperti Pengereman Darurat Tingkat Lanjut dengan Deteksi Pedestrian dan Pengendara Sepeda, Peringatan Keberangkatan Jalur dan Bantuan Pemeliharaan Jalur, menggunakan radar dan kamera," lanjut mereka.



Simak Video "Ini Wujud dan Harga Renault Kiger, Penantang Raize-Rocky di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)