Gak Salah Nih? Lexus Kenalkan ATV Hidrogen untuk Off Road

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 08 Des 2021 09:20 WIB
Lexus ROV
Lexus ROV Foto: doc. Lexus European
Jakarta -

Lexus tidak hanya punya SUV dan sedan. Kini Lexus ikut memperkenalkan ATV yang dibekali dengan penggerak hidrogen. Artinya meski bergaya off road, kendaraan ini bakal ramah lingkungan.

Dikutip situs resmi Lexus, ATV Lexus ini diperkenalkan dalam bentuk konsep dan disapa Lexus ROV (Recreational Off Highway Vehicle). Ini merupakan hasil desain Lexus Europe operations. Lexus menjelaskan ini merupakan mobil konsep yang unik, bebas emisi, dan asyik untuk bermanuver.

Soal dimensi, Lexus ROV dipastikan memiliki tubuh yang mungil dengan panjang 3.120 mm, lebar 1.725 mm dan tinggi 1.800 mm. Selanjutnya juga dikatakan Lexus ROV memang didesain untuk off road, untuk itu suspensi diciptakan jauh lebih kuat, bersama dengan ban off road, dan memiliki sangkar yang bisa melindungi penumpang di dalamnya.

Lexus ROVLexus ROV Foto: doc. Lexus European

Soal tenaga penggerak, bukan Lexus namanya jika tidak memberikan inovasi terbaik. Lexus ROV dikatakan menggendong mesin 1.0 liter bertenaga hidrogen yang bekerja layaknya mesin bensin. Namun yang menjadi pembeda ialah sebuah tangki bertekanan tinggi untuk hidrogen terkompresi yang disalurkan secara tepat oleh injektor hidrogen langsung.

"Lexus ROV merupakan hasrat kami untuk berkembang di alam bebas dan memenuhi kebutuhan konsumen yang haus akan petualang. Sebagai mobil konsep, Lexus ROV juga tetap mengutamakan gaya hidup dengan penelitian berkelanjutan dalam teknologi baru," ujar Head of Lexus Europe, Spiros Fotinos.

Memang Lexus tidak menjelaskan kapan mobil mungil ini akan benar-benar direalisasikan atau masuk dalam jalur produksi. Meski demikian mobil konsep ini dinilai membawa penyegaran pada brand Lexus, karena berbeda dengan mobil konsep yang pernah diperlihatkan.



Simak Video "Diam-diam Mobil Listrik Lexus Laris Manis di Indonesia, Memang Murah?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)