Imbas Pajak Emisi, Harga Mobil Jeep Turun Hingga Rp 60 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 02 Des 2021 14:36 WIB
Jeep Wrangler Rubicon model 2021
Harga mobil Jeep turun hingga Rp 60 juta imbas pajak emisi. Foto: Dok. Jeep
Jakarta -

Harga mobil-mobil mewah dan kendaraan berpenggerak 4x4 mulai turun seiring diberlakukannya pajak berdasarkan emisi mulai Oktober 2021 kemarin. Contohnya seperti Jeep, merek yang terkenal dengan deretan produk SUV berpenggerak 4x4 itu harganya turun hingga Rp 60 juta.

"Saya rasa (aturan) ini bagus (karena bisa membuat harga mobil 4x4 jadi lebih murah) seperti Jeep Wrangler ini dulu off the road-nya Rp 1,708 (miliar), sekarang jadinya Rp 1,647 (miliar). Terus untuk Rubicon 2-doors sama Sahara harganya jadi Rp 1,575 (miliar). Jadi ada penurunan sampai Rp 60 juta," bilang Chief Operating Officer (COO) DAS Indonesia Motor, Dhani Yahya kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

"Tapi ada strategi kalau kita kan tidak one on one dengan naik turunnya sekian persen, kita tidak buat yang sama di mobil lainnya. Contoh Gladiator ada kenaikan 10% PPnBM-nya, tapi kita tetap keep (tahan) harganya yang sama dengan threshold (ambang) Rp 2 miliar off the road (Rp 1,980 miliar)," kata Dhani lagi.

Dhani menjelaskan bahwa DAS Indonesia Motor selalu mendukung apa pun keputusan yang dibuat pemerintah di industri otomotif. "Ke depan PPN akan naik lagi 12%, kita DAS Indonesia Motor tentunya kita akan tetap mendukung apa pun kebijakan dari pemerintah," sambungnya.

Sebagai informasi, penyesuaian pajak PPnBM berdasarkan emisi telah diatur dalam PP Nomor 73 Tahun 2019, tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor. Aturan ini efektif berlaku per 16 Oktober 2021.

Perhitungan PPnBM mobil baru bukan lagi berdasarkan jenis dan bentuk kendaraan, tapi dihitung dari emisi. Tarifnya beragam mulai dari pengenaan 15% hingga 70%, namun pada prinsipnya semakin ramah lingkungan maka tarif PPnBM-nya semakin kecil.

Jika dibandingkan dengan aturan lama, yakni PP nomor 41 tahun 2013, PPnBM mobil berpenggerak 4x4 bisa dikenakan tarif PPnBM antara 30% hingga 125%. Nah PPnBM berdasarkan emisi berdampak besar terhadap mobil penggerak 4 roda seperti mobil-mobil keluaran Jeep, sehingga membuat harganya jadi lebih murah.

(lua/rgr)