Tahun 2026, Ibu Kota Baru Adopsi 100% Kendaraan Listrik

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 25 Nov 2021 10:06 WIB
Ilustrasi mobil listrik
Ibu kota baru diharapkan menggunakan kendaraan listrik 100% pada 2026. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tramino
Jakarta -

Pemerintah terus memberikan dukungan untuk mengakselerasi penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Rencana jangka panjang dicancangkan pemerintah, salah satunya menghentikan kendaraan berbahan bakar fosil.

Anggota Dewan Energi Nasional, As Natio Lasman, mengatakan pemerintah sudah punya peta jalan penggunaan kendaraan listrik. Tak cuma menyiapkan produk kendaraan listrik, ekosistem pendukungnya juga disiapkan.

"Secara waktu yang perlu dicanangkan. 2021 penggunaan energy storage system, pembangunan SPKLU daan SPBKLU di seluruh Indonesia, industri baterai Indonesiaa berdiri," kata As Natio dalam seminar di acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, Rabu (24/11/2021).

Kemudian, tahun 2022 produksi kendaraan listrik di Indonesia dimulai. Di tahun 2025 pabrik cell to pack ditargetkan mulai beroperasi. Dan di tahun 2026, ibu kota baru nantinya akan mengadopsi 100% kendaraan listrik.

"Harapannya tahun 2026 ketika di ibu kota baru nanti targetnya 100% adopsi kendaraan listrik," ucapnya.

Saat ini, menurut As Natio, ada beberapa tantangan yang masih dihadapi kendaraan listrik. Pertama soal ketersediaan listrik dan stasiun pengisian. Lalu kesiapan pasar kendaraan listrik serta kesiapan industri komponen sistem kendaraan listrik.

"Keempat keterjangkauan harga baterai kualitas tinggi, high power density, dan fast charging. Kelima dukungan fiskal dan pendandaan. Keenam regulasi tentang larangan kendaraan BBM. Ini nanti step by step akan dilakukan untuk implementasi dari kendaraan listrik," katanya.

Dalam peta jalan menuju 2060, kendaraan listrik akan dikembangkan secara masif. Targetnya, akan ada 2 juta kendaraan roda empat dan 13 juta roda dua bertenaga listrik.

Selanjutnya pada 2036-2040 dilakukan pengurangan penjualan kendaraan roda dua konvensional. Dari 2041 hingga 2045, penjualan kendaraan roda empat konvensional juga akan berkurang.

Menurut roadmap atau peta jalan yang dirancang, pemerintah menargetkan menyetop penjualan sepeda motor konvensional (bensin) di tahun 2040 dan mobil konvensional (bensin dan diesel) di tahun 2050.



Simak Video "PNS Bakal 'Dipaksa' Pakai Mobil dan Motor Listrik, Ini Target Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)