Heboh 'Anak Jenderal' Dijemput Mobil TNI, Ini Aturan Pakai Mobil Dinas

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 23 Nov 2021 11:13 WIB
Kendaraan dinas TNI AD
Ilustrasi Foto: Kendaraan dinas TNI AD (dok. YouTube TNI AD)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Arteria Dahlan terlibat cekcok dengan seorang wanita yang mengaku anak jenderal TNI. Wanita yang mengaku anak jenderal TNI tersebut dijemput oleh mobil bernopol TNI.

Mobil bernopol 75194-03 datang menjemput wanita yang mengaku 'anak jenderal TNI' usai terlibat cekcok dengan Arteria Dahlan. Dalam video yang diunggah Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni di instagram, tampak wanita itu dijemput mobil Pajero Sport berkelir hijau ala mobil TNI.

Sebenarnya, bagaimana sih aturan menggunakan mobil dinas? Penggunaan kendaraan dinas telah diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor: PER/87/M.PAN/8/2005 tentang Pedoman Pelaksanaan Peningkatan Efisiensi, Penghematan, dan Disiplin Kerja.

Peraturan itu menentukan penggunaan kendaraan dinas operasional dalam tiga ketentuan. Berikut aturan penggunaan kendaraan dinas aparatur negara:

a. Kendaraan Dinas Operasional hanya digunakan untuk kepentingan dinas yang menunjang tugas pokok dan fungsi.
b. Kendaraan Dinas Operasional dibatasi penggunaannya pada hari kerja kantor,
c. Kendaraan Dinas Operasional hanya digunakan di dalam kota, dan pengecualian penggunaan ke luar kota atas ijin tertulis pimpinan Instansi Pemerintah atau pejabat yang ditugaskan sesuai kompetensinya.

Menurut Anggota Komisi I DPR RI, Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin, mobil yang menjemput wanita 'anak jenderal' tersebut dimiliki oleh seorang brigjen TNI yang kini berdinas di Badan Intelijen Negara (BIN).

"Kendaraan tersebut digunakan oleh Brigjen TNI yang kini telah pindah tugas ke BIN," ucap TB Hasanuddin, Senin (22/11/2021).

Mobil tersebut merupakan kendaraan dinas milik Kodam Jayakarta. "Dari informasi yang kami dapat, ternyata perempuan itu bersama pria berpangkat Brigjen. Terkait hubungan keduanya masih kami telusuri," kata Hasanuddin.

Untuk diketahui, Arteria Dahlan dan ibunda terlibat ribut-ribut dengan wanita yang mengaku anak jenderal TNI. Arteria mengungkapkan kronologi ribut-ributnya hingga tasnya disepak.

"Pas landing di bandara, staf saya itu nurunin barang," kata Arteria kepada detikcom, Senin (22/11).

Arteria mengaku duduk di kursi ekonomi dalam penerbangan tersebut, tepat di belakang kursi kelas bisnis. Arteria menyebut rombongannya kemudian dianggap menghalangi jalan.

"Kita kan sama-sama di ekonomi, pas di belakang bisnis. Entah kenapa kami dianggap menghambat jalan, (tapi) pintunya belum dibuka," kata Arteria.

Simak video 'Siapa Sosok Wanita yang Mengaku 'Anak Jenderal Bintang 3'?':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)