All New Toyota Veloz Lebih Garang dan Macho, Rush Bakal Ditinggalkan?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 23 Nov 2021 07:21 WIB
Jakarta -

All New Toyota Veloz hadir dengan bodi yang lebih garang dan macho mirip seperti SUV Corolla Cross atau RAV4. Hal tersebut tentu bakal menguntungkan konsumen yang ingin nuansa kabin ala MPV, tapi dengan desain eksterior mobil yang gagah. Namun pertanyaannya, apakah Veloz terbaru ini tidak akan mengganggu pasar Toyota Rush yang bermain di segmen low SUV?

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bahwa Rush memiliki segmen pasar berbeda. Jadi, meskipun Veloz sudah dipermak habis hingga menyerupai tampilan SUV, tidak serta merta membuat konsumen Rush beralih ke All New Toyota Veloz.

"Saya rasa untuk Avanza dan Rush, bahkan sebelum All New Veloz muncul pun, customer Avanza dan Rush ini saling meng-consider sebenarnya. Tetapi memang kalau Rush ini kan punya desain dan juga fitur yang berbeda ya, dari sisi size, kemudian ground clearance, lalu bentuk dari bodinya," kata Anton dalam diskusi secara virtual bersama media belum lama ini.

Lanjut Anton menambahkan, tampilan Veloz baru memang dibuat seperti SUV, tapi bukan berarti Veloz memiliki fitur-fitur unggulan seperti Toyota Rush yang bermain di segmen low SUV. Di samping itu, Anton juga mengatakan bahwa Rush tetap memiliki peminatnya tersendiri. Hal itu tercermin dari penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021.

"Nah Veloz ini kita tidak katakan SUV ya. Jadi dia tetap berada di (kelas) low MPV, cuma dia SUV look. So far saya rasa nggak ada masalah. Justru kami ingin memberikan pilihan kepada customer," sambung Anton.

"Dan kalau saya lihat, SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Rush pun sampai hari ini masih cukup baik, misal di GIIAS 2021 ini, Rush SPK sudah 329 unit, jadi saya rasa cukup baik ya, dibandingkan dengan situasi dan kondisi market pada saat ini," jelas Anton.

Di GIIAS 2021 sendiri, All New Toyota Veloz memang jadi primadona dan sangat menarik perhatian pengunjung. Mobil ini juga banyak dipesan konsumen. Selama 10 hari penyelenggaraan GIIAS 2021, All New Toyota Veloz dipesan sebanyak 701 unit, kedua All New Avanza 697 unit, ketiga Raize 607 unit, keempat Innova 508 unit, dan kelima Fortuner 437 unit.

(lua/din)