ADVERTISEMENT

Tampang Xpander Cross Nggak Berubah Banyak, Ini Alasannya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 17 Nov 2021 12:27 WIB
Mitsubishi New Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Mitsubishi resmi meluncurkan New Xpander Cross di Indonesia beberapa waktu lalu. Dari segi tampilan luarnya, mobil di segmen MPV ini tidak memiliki banyak perubahan dari seri sebelumnya. Mengapa demikian?

Mitsubishi tak hanya merilis Xpander terbaru untuk pasar Tanah Air, perusahaan asal Jepang tersebut juga memberikan ubahan pada Xpander versi SUV yaitu Mitsubishi Xpander Cross.

Berbeda dari Xpander yang pertama kali dirilis tahun 2017 silam, untuk tipe Xpander Cross baru hadir pada 2019 lalu. Sehingga tak heran, apabila melihat tampilan eksteriornya Xpander Cross tidak diperbarui oleh Mitsubishi.

Guntur Harling selaku General Manager Product Strategy Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan, tampilan luar Xpander Cross yang tidak mendapat banyak perubahan ini disesuaikan dengan konsep dari mobil tersebut yakni tetap tangguh dan sporty.

"Ini sebenarnya terkait dengan desain, secara konsep desain Xpander Cross memiliki konsep tough dan sporty," kata Guntur dalam sesi konferensi pers virtual, Selasa (16/11/2021).

Mitsubishi New Xpander CrossMitsubishi New Xpander Cross Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Atas pertimbangan konsep produk tersebut, maka desainer Mitsubishi Motors berusaha menciptakan kendaraan yang sesuai dengan image yang dituangkan ke desain Xpander Cross ini," jelasnya.

Memang, jika diperhatikan sekilas desain New Xpander Cross yang baru dengan versi lama sulit dibedakan. Namun jika dilihat lebih detail, bagian grille kini hadir dengan sedikit ubahan. Jadi secara umum, Mitsubishi Xpander Cross terbaru ini jelas masih sama persis dengan versi pertama kali meluncur.

Hadirnya wheel arch moulding berwarna hitam doff yang mengelilingi membuat kesan SUV-nya kuat. Selain itu, tampak sampingnya juga terlihat ada side skirt dengan aksen aluminum brush dan juga roof rail.

Lebih lanjut, Guntur menjelaskan tidak banyak perubahan pada desain eksterior New Xpander Cross ini guna mempertahankan kesan mobil MPV nuansa SUV yang gagah. Mitsubishi justru melakukan banyak perubahan pada sisi interior dan transmisinya.

Mitsubishi New Xpander CrossMitsubishi New Xpander Cross Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Jadi, penggunaan desain yang sama pada New Xpander ini untuk mempertahankan kesan desain SUV. Ubahan yang dilakukan sebagian besar terjadi pada sisi interior dan transmisi yang menggunakan CVT," ujar Guntur.

Soal desain interiornya, kini New Xpander Cross menggunakan pengaturan AC yang sama dengan Xpander terbaru. Tak ada lagi knob pengaturan AC manual dan sekarang digantikan dengan pengaturan AC yang sudah digital.

Layar multimedia pun berubah, kini Mitsubishi menyematkan layar berukuran 9 inci. Layar touchscreen yang sudah bisa terkoneksi dengan smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay kini tersedia di semua tipe Xpander Cross.



Simak Video "Ini Dia bZ4X, Mobil Listrik Andalan Toyota di GIIAS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT