Hyundai Ioniq 5 Raih Penghargaan Mobil Terbaik di Jerman Tahun 2021

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 09 Nov 2021 08:34 WIB
IONIQ 5
Hyundai Ioniq 5 (Hyundai)
Jakarta -

Hyundai Ioniq 5 berhasil meraih penghargaan Car of The Year 2021 di Jerman. Hyundai berhasil mengalahkan sejumlah produsen otomotif asal Jerman seperti BMW dan Mercedes-Benz.

Dikutip dari The Driven, Hyundai Ioniq 5 meraih penghargaan sebagai mobil terbaik pada kategori 'New Energy'. Ioniq 5 berhasil mengalahkan kandidat lainnya seperti BMW iX dan Mercedes-Benz EQS.

Dalam menentukan pemenangnya, juri dari German Car of The Year terdiri dari 20 jurnalis otomotif internasional. Sejumlah aspek yang dinilai untuk penghargaan ini meliputi desain, teknis (kemudahan, keamanan, dan kenyamanan), hingga kalkulasi ekonomi keuntungan yang didapat jika menggunakan mobil tersebut.

Penghargaan ini membuat Ioniq 5 akan tampil di putaran final penghargaan German Car of The Year 2021. Nantinya, SUV listrik kompak ini akan bertarung dengan pemenang dari kategori "Compact", "Premium", "Luxury", dan "Performance." Siapa yang nantinya akan jadi pemenang bakal diumumkan pada 25 November.

Ini bukan penghargaan pertama yang diraih Hyundai atas Ioniq 5. Sebelumnya, SUV asal Korea Selatan tersebut telah meraih sejumlah pengakuan bergengsi, di antaranya pada kategori "Mid-Size Company Car", "Premium Electric Car", serta "Design Awards."

Hyundai Ioniq 5Hyundai Ioniq 5 Foto: Arsip Hyundai Motor Co

Ioniq 5 juga masuk dalam kategori "Best Company Car" dan "Best Family Electric Car" dalam ajang Carbuyer Best Car Awards 2022. Selain itu, mobil ini juga memenangkan sejumlah penghargaan dalam ajang News UK Motor Awards 2021 dalam kategori "Best Designed Car of The Year" dan "Motoring Innovation of The Year."

"Ini adalah mobil pertama yang dirancang dari dalam hingga luar, menampilkan desain yang inovatif dan telah mengusung Electric Global Modular Platform (E-GMP) terbaru. Penghargaan 'New Energy' pada Ioniq 5 membuktikan bahwa Hyundai telah memproduksi sebuah mobil listrik yang sesuai dengan keinginan konsumen," kata Luc Donckerwolke selaku Chief Creative Officer Hyundai Motor Group.

Sejak awal diluncurkan Februari lalu, Ioniq 5 telah mencuri sejumlah calon konsumen yang ingin membeli mobil listrik. Salah satu keunggulan dari SUV listrik ini adalah mampu ngecas dari 10 sampai 80 persen dalam waktu 18 menit saja.

Hyundai Ioniq 5Hyundai Ioniq 5 Foto: Arsip Hyundai Motor Co

Baru-baru ini Hyundai dikabarkan bakal meningkatkan kapasitas baterai pada Ioniq 5. Saat ini mobil tersebut tersedia dalam pilihan baterai 72,6 kWh dan rencananya bakal ditingkatkan menjadi 77,4 kWh.

Hal ini membuat Ioniq 5 mampu menempuh jarak lebih jauh lagi. Awalnya, mobil EV tersebut mampu menempuh perjalanan 423 km, kini Ioniq 5 diklaim bisa menjangkau jarak 480 sampai 490 km dalam sekali pengisian daya baterai.



Simak Video "Hyundai Pamer Mobil Listrik Ioniq 5 di Jakarta, Kapan Dijualnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)