Mulai 2022, Indonesia Bisa Bikin 1.000 Mobil Listrik Per Tahun!

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 26 Okt 2021 11:13 WIB
Tim detikcom membuktikan seberapa tangguh mobil listrik bisa dikendarai untuk perjalanan jarak jauh. Hyundai Ioniq langsung gas Jakarta-Bali.
Tahun depan Hyundai produksi 1.000 mobil listrik di Indonesia. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Indonesia akan memasuki era industri kendaraan listrik. Mulai tahun depan, mobil listrik akan diproduksi di Indonesia dalam jumlah besar.

Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, akan memproduksi mobil listrik pertama di Indonesia. PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menjadi perusahaan industri otomotif pertama di Indonesia yang melakukan proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022.

"Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan, sekaligus memberi pesan kepada dunia internasional bahwa Indonesia siap menjadi hub ekspor utama bagi kendaraan listrik di ASEAN dan wilayah sekitarnya," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulisnya.

Disebutkan, pada tahap awal Hyundai akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun.

Agus berpesan agar perusahaan menerapkan teknologi Industri 4.0 di seluruh lini produksi, serta melibatkan IKM sebagai bagian dari global supply chain perusahaan. Selain itu, Kemenperin mengundang HMMI untuk mendirikan akademi atau politeknik yang lulusannya secara otomatis bisa menjadi pekerja dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri maupun di lini purnajual untuk melayani kebutuhan konsumen.

Hyundai jadi pabrikan yang berkomitmen untuk mengembangkan mobil listrik murni (Battery Electric Vehicles) serta memproduksi baterai dalam negeri.

Pada September lalu, dilakukan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang milik PT HKML Battery Indonesia, nilai investasinya US$ 1,1 miliar atau setara Rp 15,62 triliun (kurs Rp 14.200). Setahun sebelumnya sudah dilakukan pembangunan pabrik mobil listrik milik Hyundai Group di Kota Deltamas, Cikarang Pusat.

Pabrik mobil listrik yang dibangun oleh Hyundai di Cikarang hampir selesai. Sedangkan pembangunan pabrik baterai selesai pada semester pertama tahun 2023. Adapun produksi massal sel baterai di fasilitas baru ini diharapkan akan dimulai pada semester pertama tahun 2024.



Simak Video "Mulai 2022, RI Siap Produksi 1.000 Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)