Siapa Pahlawan Daihatsu di Masa Pandemi?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 15 Okt 2021 07:50 WIB
Daihatsu Gran Max
Ilustrasi detikOto Foto: Aris Ginanjar/detik.com
Jakarta -

Permintaan Daihatsu Gran Max Pick Up di pasar otomotif Indonesia ternyata mengalami peningkatan pada 2021, bahkan mobil komersial ringan ini bisa disebut sebagai pahlawan Daihatsu di masa sulit pandemi COVID-19.

Selama pandemi, sejumlah produsen otomotif mengalami penurunan penjualan pada kendaraan penumpang (passenger vehicle), hal berbeda justru terjadi pada penjualan kendaraan komersial ringan yang mengalami peningkatan, khususnya dialami Daihatsu.

Dengan mengusung Gran Max Pick Up yang dijual di pasar Indonesia, penjualan kendaraan tersebut berhasil meraih kontribusi terbesar pada kuartal satu dan dua tahun 2021.

Head of Customer Satisfaction and Value Chain Division PT Astra Daihatsu Motor, Elvina Afny mengungkapkan, pada kuartal satu 2021 penjualan retail sales Daihatsu Gran Max Pick Up berada di urutan kedua di bawah Daihatsu Sigra. Lalu pada kuartal dua 2021 penjualan Daihatsu Gran Max Pick Up mengalami peningkatan dan berhasil meraih posisi pertama.

"Untuk di Q1 tahun 2021 Gran Max Pick Up berada di urutan kedua dengan retail sales 3.089 unit per bulan atau sebesar 31%, sementara di Q2 berada di posisi pertama menggeser Daihatsu Sigra dengan retail sales 3.023 unit per bulan dengan persentase 26%," kata Elvina dalam konferensi pers virtual Daihatsu, Kamis (14/10/2021).

Elvina menjelaskan jika meningkatnya penjualan kendaraan komersial ringan tak lepas dari tingginya segmen komoditas pada sejumlah bidang. Sehingga, kebutuhan konsumen terhadap kendaraan pick up juga masih besar untuk sejumlah daerah di Indonesia.

Daihatsu Grand Max PUDaihatsu Grand Max PU Foto: doc. Daihatsu

Hendrayadi Lastiyoso selaku Division Head Marketing & Customer Relation PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menambahkan, sebagian besar penjualan Daihatsu Gran Max Pick Up digunakan untuk segmen perkebunan dan pertanian. Sisanya didominasi oleh segmen perdagangan dan industri kecil.

"Hampir 75% Daihatsu Gran Max Pick Up lebih banyak digunakan untuk segmen perkebunan dan pertanian, lalu 20% sampai 25% nya itu lebih ke perdagangan seperti barang-barang material dan sebagainya," ujarnya.

Tidak hanya didukung oleh permintaan pasar yang tinggi, Elvina mengklaim jika Gran Max Pick Up merupakan kendaraan komersial yang banyak diminati oleh calon konsumen. Terutama soal keiritan dan mudah dalam perawatan.

"Dari hasil survey kami banyak konsumen memilih Gran Max karena paling irit dan bertenaga, lalu tinggi dek juga ergonomis. Selain itu perawatannya juga mudah," pungkas Elvina.



Simak Video "Meski Lebih Canggih-Irit, Mesin Daihatsu Rocky Tak Diplot Untuk Ayla"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)