Kode Kuat Honda City Hatchback Bakal Dapat Fitur Canggih Seperti CR-V, Odyssey, dan BR-V

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 05 Okt 2021 07:11 WIB
New Honda City Hatchback RS
Honda City Hatchback RS Foto: Dok. 20Detik
Jakarta -

Teknologi Honda City Hatchback tertinggal dari BR-V yang baru saja meluncur, sebab mobil Low Sport Utility Vehicles (LSUV) tersebut mendapat fitur Honda Sensing. Tapi nampaknya Honda juga bakal membenamkan teknologi tersebut pada model hatchback andalannya.

Hal ini terlihat dalam laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat PKB Jakarta. Muncul varian baru Honda City Hatchback yang disinyalir bakal dibenamkan Honda Sensing.

Ada kode baru "CITY HB1.5LRS-HS CVT", kode HS ini belum tersedia pada varian City Hatchback sebelumnya. Sedangkan NJKB-nya mengalami kenaikan harga Rp 226 juta, naik Rp 3 juta dari City Hatchback transmisi CVT.

Sekedar informasi, fitur Honda Sensing disematkan pada mobil-mobil kelas atas seperti New Honda Odyssey, All New Honda Accord dan New Honda CR-V. Tapi teknologi ini juga akhirnya dipasang pada All New BR-V.

Apa saja fitur keselamatan Honda Sensing pada All New BR-V tipe tertinggi?

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.
  • Collision Mitigation Brake SystemTM (CMBSTM), merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBSTM didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.
  • Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.
  • Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.
  • Adaptive Cruise Control (ACC), membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.
  • Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

Saat ini Honda City RS Hatchback tersedia dalam dua varian yakni manual transmisi M/T Rp 292 juta, dan CVT Rp 302 juta.



Simak Video "Honda Luncurkan Honda City Hatchback Hybrid, Cuma Rp 380 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)