Penjelasan Jasa Marga Soal Viral Pemuda Palak Pengendara di Tol

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 30 Sep 2021 17:56 WIB
Jakarta -

Di media sosial viral sekelompok pemuda diduga memalak pengendara di jalan tol. Peristiwa itu terjadi di pintu Tol Belawan, Medan. Ini penjelasan Jasa Marga.

Dalam siaran persnya, Jasa Marga menyebutkan kejadian pungli dan pelemparan batu diduga berlokasi di KM 00+900A Ruas Tol Belmera (Belawan-Medan-Tanjung Morawa), dengan waktu kejadian hari Minggu tanggal 26 September 2021 sekitar pukul 16.00 WIB.

Regional Jasamarga Nusantara Tollroad PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui RO-1 Belmera telah menyiagakan petugas pada lokasi rawan yaitu KM 00+000 sampai KM 04+000. Jasa Marga juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka penanganan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), antara lain pihak Polsek dan Polres setempat.

General Manager RO-1 Belmera, Rudy H S Pardede, menjelaskan bahwa peristiwa pada video yang viral tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 di KM 00+900. Saat kejadian, petugas sedang menghalau dan melakukan pengamanan pada KM 01+500 yang juga terdapat masyarakat yang diduga akan melakukan tawuran sehingga petugas melakukan penghalauan dan pengamanan pada lokasi tersebut.

"Kami informasikan bahwa pada hari kejadian terdapat beberapa kejadian Kamtibmas pada area lokasi rawan sekitar Km 0-Km 4 dan telah dilakukan tindakan pengamanan oleh Petugas. Untuk menghindari kejadian Tawuran dan Pungutan liar terjadi lagi pada Ruas Tol Belmera, maka kami mengupayakan pencegahan lebih lanjut," kata Rudy.

RO-1 Belmera juga melakukan pendekatan dengan lurah dan kepala lingkungan setempat untuk daerah rawan tawuran dan pungli. Diharapkan ke depannya tidak ada lagi kejadian serupa sehingga meningkatkan rasa aman dan nyaman pengguna jalan tol khususnya untuk Ruas Tol Belmera.

"Atas kejadian tersebut, RO-1 Belmera menyampaikan permintaan maaf kepada pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang dialami saat kejadian dan kami akan terus mengupayakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Untuk informasi lalu lintas dan keluhan dapat menghubungi Call center 14080," tulis Jasa Marga dalam siaran persnya.

Sementara itu, dalam narasi video yang viral, sekelompok pemuda itu melakukan pungutan liar (pungli) kepada pengendara. Menurut informasi dari pengunggah video, jika tidak diberi uang sekelompok pemuda itu akan melempari mobil yang melintas. Dalam video yang viral, ada beberapa orang remaja berdiri di tengah jalan tol.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)