ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Honda All New BR-V Datang, Fitur-fitur Ini Siap Jegal Rush-Xpander Cross

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 26 Sep 2021 18:04 WIB
Honda All New BR-V
Wujud Honda All New BR-V Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar
Jakarta -

Honda Prospect Motor belum lama ini merilis jagoan terbaru mereka untuk kelas LSUV, yaitu Honda All New BR-V. Mobil ini mengisi segmen yang sedang ramai di Indonesia dan menantang Xpander Cross, XL7 hingga duo Rush-Terios.

All New BR-V kini tidak lagi menjadi SUV yang terpaksa atau MPV yang di-SUV-kan, melainkan sudah menggunakan platform baru yang dibangun berdasarkan konsepnya, Honda N7X. Wujudnya sangar, mirip dengan N7X dan kental aura SUV-nya.

Honda All New BR-VHonda All New BR-V Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Sementara dari sektor mesin, All New BR-V menggunakan dapur pacu City Hatchback. All New BR-V menggunakan mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC yang bisa menghasilkan power maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm. All New Honda BR-V tersedia dalam 4 varian dengan pilihan transmisi CVT dan Manual.

All New BR-V tersedia dalam 5 varian, di antaranya, S (M/T), E (CVT), E (M/T), Prestige CVT, dan Prestige with Honda Sensing (CVT). Low SUV 7-penempang ini hadir dengan 5 pilihan warna, Premium Opal White Pearl, yang merupakan warna baru, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Soal harga, Honda Prospect Motor belum merilis secara resmi sebab pihaknya masih melakukan perhitungan, plus produksi baru dimulai pada Desember 2021. Konsumen yang melakukan pemesanan pada tahun ini baru akan dikirim mulai Januari 2022. Namun Honda mengatakan bahwa harga termurah untuk All New BR-V ada di angka Rp 260 juta.

Nah! All New BR-V masih menjadi pertama di kelas Low SUV (LSUV) yang memiliki paket fitur keselamatan aktif Honda Sensing. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia pada Honda CR-V, Accord, dan Odyssey. Namun pada BR-V, fitur Sensing ini hanya tersedia pada varian All New BR-V Prestige dengan Honda Sensing (tipe tertinggi).

Penasaran dengan fitur andalan BR-V yang menjadi nilai lebih di kelasnya? Simak di halaman berikutnya!

Paling Canggih Di Kelasnya?

Pada dasarnya, antara All New BR-V, Xpander Cross, Rush, dan Terios tersebut sudah memiliki fitur hiburan head unit dengan layar 7-inch touch screen audio yang dilengkapi dengan smartphone connectivity.

Fitur yang juga sama adalah tersedia power outlet pada baris depan, tengah, dan juga belakang (untuk model dan tipe tertentu). Ditambah dengan ruang penyimpanan yang tersedia di bagian bawah kursi, seat pocket di belakang kursi, dan ruang penyimpanan serbaguna pada bagian bagasi.

Honda All New BR-VInterior Honda All New BR-V Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Varian tertinggi dari Terios dan Rush telah dibekali dengan fitur keselamatan yang cukup baik, yakni adanya dual SRS Airbag, Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Sementara Xpander Cross punya fitur keamanan ABS + EBD, Brake Assist, dual SRS airbags, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist, Parking Sensor + Rear View Camera, Keyless Operation System, dan Immobilizer with Security Alarm. Khusus untuk varian A/T mendapat tambahan fitur cruise control.

Pun tak jauh berbeda dengan Honda BR-V, sudah dilengkapi dilengkapi dual airbags di depan, ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake Force Distribution), termasuk Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Vehicle Stability Assist (VSA), dan Hill Start Assist (HSA).

Hanya saja, BR-V bisa dikatakan sedikit lebih unggul, karena varian tertingginya sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan aktif Honda Sensing. Selain itu, BR-V juga memiliki fitur canggih seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Honda LaneWatch, dan Smart Entry System.

Fitur Honda Sensing ini adalah nilai lebih dari All New BR-V. Fitur ini juga canggih berkat penggunaan sistem radar atau sensor yang terletak di balik kaca depannya. Namun, perlu diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia di varian tertinggi alias All New BR-V Prestige with Honda Sensing.

(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT