Kabarnya Mau Masuk Indonesia, Mobil Listrik Murah Wuling Dapat Upgrade Baterai

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 25 Sep 2021 08:12 WIB
Wuling Hongguang Mini EV
Hongguang Mini EV dapat upgrade kapasitas baterai yang membuatnya bisa jalan lebih jauh (Wuling)
Jakarta -

Hongguang Mini EV menjadi salah satu mobil listrik paling laris di China. Mobil yang dijual dengan harga Rp 60-an juta di China itu dapat upgrade baterai yang membuatnya bisa jalan lebih jauh.

Dikutip dari Electrive, menurut informasi yang dihimpun dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) di China, versi terbaru dari Hongguang Mini EV akan memiliki jarak sumbu roda lebih panjang.

Selain itu, tenaga yang dihasilkan oleh mobil listrik mungil ini akan jauh lebih besar. Hal itu juga berdampak pada kapasitas baterai yang ditingkatkan, sehingga jarak tempuh mobil akan semakin jauh.

Saat ini, Hongguang Mini EV telah hadir dengan kapasitas baterai sebesar 9 kWh dan 14 kWh. Sementara versi terbaru dari mobil kompak EV itu rencananya akan menggunakan baterai berkapasitas 26 kWh.

Namun sampai sekarang, belum ada informasi lebih lanjut mengenai Hongguang Mini EV dengan kapasitas baterai yang ditingkatkan. Mereka masih menjual mobil listrik versi baterai 14 kWh yang laris manis di pasaran.

Mobil listrik yang diproduksi oleh usaha gabungan SAIC-GM-Wuling (SGMW) ini telah jadi idola masyarakat China sejak pertama kali diluncurkan beberapa waktu lalu. Angka penjualannya terus meningkat secara konsisten sedari tahun lalu. Bahkan mampu mengalahkan Tesla dalam penjualan unit mobil listrik terbanyak di China.

Wajar jika Hongguang Mini EV diserbu oleh konsumen karena harganya yang murah. Di China, mobil listrik mungil ini dijual mulai US$ 4.500 atau sekitar Rp 64 jutaan.

Pada varian yang dijual saat ini, mobil memiliki dimensi panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm, dengan wheelbase 1.940 mm. Dengan ukuran itu, Hongguang Mini EV terbilang compact.

Sementara dari performanya, Wuling Hong Guang Mini EV dibekali motor elektrik bertenaga 27 dk. Tenaga disuplai oleh baterai compact 13,8 kWh.

Mobil mungil ini bisa menempuh kecepatan hingga 100 km/jam. Sekali ngecas, mobil listrik bisa menempuh 200 km. Angka itu lebih dari cukup untuk warga yang tinggal di daerah perkotaan yang biasanya hanya butuh jarak tempuh pendek.

Wuling Hongguang Mini EV dirumorkan akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Wujud mobil listrik mungil ini sudah muncul di media sosial pada akun Youtube milik Lukman Avengers.

Kabar ini kemudian disusul dengan rencana Wuling memproduksi mobil listrik di Indonesia pada tahun 2022.



Simak Video "Mobil Listrik Murah dari Wuling Laku Keras di China, Hajar Penjualan Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)