Kode Keras Avanza Generasi Baru Segera Meluncur, Dapat Upgrade Gede-gedean

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 23 Sep 2021 18:22 WIB
Render desain All New Avanza
Render desain all new Avanza Foto: Instagram @bagasatriakbar
Jakarta -

Rumor kehadiran mobil kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi terbaru kembali mengemuka. Muncul daftar kode NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) mobil baru dari merek Toyota dan Daihatsu.

Hal ini bisa terlihat dari dalam dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Ada beberapa kode yang disinyalir merupakan kode baru dari Avanza dan Xenia.

Dalam lampiran tersebut tertera Daihatsu mendaftarkan kode W100RG untuk mesin 1.300 cc, dan W101RG untuk kapasitas 1.500 cc. Pun demikian dengan Toyota, ada kode baru W100RE (mesin 1.300 cc), dan W101RE (mesin 1.500 cc).

Kode mobil baru ToyotaKode mobil baru Toyota Foto: dok. Permendagri No.40 Tahun 2021

Kedua kode produk baru tersebut tersedia opsi transmisi manual dan CVT. Bahkan tercantum teknologi keselamatan terbaru ASA (Advanced Safety Assist) dan TSS (Toyota Safety Sense) untuk model tertinggi.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy enggan berkomentar lebih lanjut terkait kode mobil baru tersebut.

"Saya belum bisa komen mas untuk product baru," kata Anton saat ditanya ihwal kode generasi terbaru Avanza tersebut, Kamis (23/9/2021).

Usia mobil sejuta umat Toyota Avanza saat ini sudah hampir 18 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada 2003. Avanza generasi kedua yang meluncur pada 2011 telah disegarkan pada 2015 dalam bentuk Grand New Avanza. Pun salah satu mobil terlaris ini kembali mengalami minor change pada bagian tampang pada pada 2019 lalu.

Rumor generasi Avanza terbaru sebelumnya mengemuka Kehebohan kelahiran mobil kembaran dengan Daihatsu Xenia ini juga pernah dimuat dalam bestcarweb.jp pada 2020 lalu, pabrikan asal Jepang ini akan mengenalkan satu mobil MPV yang mengusung mobil konsep DN Multisix yang berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform DNGA sudah digunakan pada Daihatsu Tanto, Taft, dan Rocky.

Di GIIAS 2017, konsep DN Multisix dipamerkan tapi sampai saat ini belum diproduksi massal. Daihatsu DN Multisix merupakan mobil MPV yang bisa saja menjadi saudaranya Xenia, dengan kapasitas 6-penumpang tiga baris.

Selaris apapun mobil sejuta umat ini sekarang, usia Toyota Avanza-Daihatsu Xenia saat ini sudah hampir 18 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada 2003. Sementara Avanza generasi kedua yang meluncur pada 2011 telah disegarkan pada 2015 dalam bentuk Grand New Avanza. Pun salah satu mobil terlaris ini kembali disegarkan pada 2019 lalu.

Well, apakah ini menjadi pertanda kelahiran Avanza generasi terbaru? Simak perkembangan beritanya di detikOto.



Simak Video "Sudah Tahu Belum? Ini Lho Arti Kata Avanza-Xenia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)