Setelah All New BR-V, Honda Mau luncurkan Mobilio atau HR-V Baru? Ini Bocorannya

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 22 Sep 2021 10:52 WIB
Calon mobil baru Honda
Calon mobil baru Honda Foto: Honda Prospect Motor
Jakarta -

Setelah meluncurkan All New BR-V, PT Honda Prospect Motor (HPM) masih punya amunisi baru untuk pasar Indonesia. Apakah modelnya Honda Mobilio atau HR-V generasi anyar?

Kisi-kisi tersebut sempat dimunculkan Honda di akhir peluncuran All New BR-V. Nampak sebuah mobil ditutup menggunakan selubung bewarna merah.

Hanya terlihat buritan lampu, dan lekukan body di balik kain tersebut. Bocoran lain yang terlihat mobil sudah memiliki roof rack layaknya mobil SUV.

Di sisi lain BR-V dan Mobilio menggunakan satu platform. Penyegaran BR-V bisa saja disusul oleh Mobilio, sebab pesaing Avanza, Xpander cs ini juga belum mengalami perubahan besar.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2014, generasi kedua Mobilio yang dipasarkan di Indonesia ini pernah mengalami perubahan sentuhan pada lampu dan bodi, ubahan pada Honda Mobilio terjadi pada 2017 dan 2019. Angka penjualannya pun terus merosot dari tahun ke tahun.

"Apakah platform BR-V akan digunakan medium lainnya, itu kita lagi studi apakah dipakai lagi atau tidak belum bisa menjawab untuk saat ini," terang Large Project Leader of Honda BR-V, Honda R&D Asia Pacific Co.Ltd, Parinya Tangwiengwang di sela-sela peluncuran Honda BR-V, Selasa (22/9/2021).

Dugaan mobil baru Honda lainnya ialah HR-V generasi terbaru. Desain mobil tersebut sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM Indonesia. Sekilas mobil ini mirip dengan HR-V generasi baru yang melantai lebih dulu di Jepang dan Singapura.

Dalam Berita Resmi Desain Industri No.17/DI/2021 yang terbit pada Juni 2021 tercantum Honda Motor Co Ltd mendaftarkan karyanya sejak 30 Oktober 2020. Sementara desainernya tercatat Daisuke Akojima, yang diketahui sebagai desainer eksterior dari New HR-V.

Bagaimana pun HR-V pertama kali dipasarkan di Indonesia sejak 2014. Namun belum pernah dirombak besar-besaran. Adapun penyegaran terakhir Honda HR-V di Indonesia dilakukan melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, paling santer terlihat kasat mata, yakni desain baru pada Front Grille.

Billy menyebut akan kembali menghadirkan inovasi terbaru dalam ajang GIIAS 2021, yang dijadwalkan akan berlangsung pada November 2021.

"Kami tetap menilai GIIAS merupakan ajang yang tepat untuk memperkenalkan inovasi baru dan produk baru. Karena itu kami akan menampilkan inovasi Honda lainnya di GIIAS 2021," sebut Billy.

Jadi apakah Honda Mobilio atau HR-V anyar?

"Tunggu excitement dari kami ya," ucap Billy.



Simak Video "Honda HR-V Baru Akan Pakai Mesin 1.500 cc Turbo?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)