Mobil Listrik Bekas Sudah Banyak yang Cari, Berapa Pasarannya?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 16 Sep 2021 07:08 WIB
Tampilan luar Hyundai Kona Electric Facelift 2021
Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona Electric Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Kedatangan mobil listrik di pasar Indonesia membuat pilihan jenis kendaraan roda empat lebih beragam. Namun hingga saat ini, peredaran mobil listrik bekas terpantau masih belum banyak.

Salah satu dealer mobil bekas yang berlokasi di Bursa Mobil Mangga Dua Square mengatakan bahwa mobil listrik itu cukup banyak diminati, namun hingga saat ini jumlahnya masih belum banyak di Indonesia.

"Mobil listrik sih sampai sekarang kita belum pernah jual yah. Tapi menarik untuk melihat perkembangannya dan juga kita sih tertarik untuk jual mobil listrik bekas ya," ujar Agustinus, pemilik dealer mobil bekas Focus Motor kepada detikOto.

"Kalau kita sih ya pasti ngeliat dari pabrikan. Liat aja, saat ini kan jumlah yang dijual (dalam versi baru) juga masih segitu-segitu aja. Pasti pasar mobil bekasnya juga mengikuti," ujar Agustinus.

Focus Motor ternyata sempat satu-dua kali mencoba mencari mobil listrik bekas. Namun, harga modalnya saat ini terbilang masih cukup tinggi. "Saya udah nawar, beberapa Tesla bekas udah saya tawar. Namun harganya masih belum pas, makanya kita belum jualan mobil listrik bekas," papar Agustinus.

"Beberapa saya perhatikan memang mobil listrik ini sudah ada pasarnya dan harga jualnya pun dari pembeli nggak terlalu anjlok," papar Agustinus tanpa menyebut nominal harga jual.

Menurut Agustinus, peminat untuk mobil listrik saat ini terbilang banyak. Namun, belum diimbangi dengan supply yang mencukupi dari pihak pabrikan mobil. "Kita sih belum pernah jual, jadi belum keliatan berapa jumlah peminatnya. Tapi menurut saya, peminatnya mobil listrik sih banyak di Indonesia. Banyak yang penasaran soalnya," papar Agustinus.

Agustinus juga mengamini, ketika sebuah dealer mobil bekas hendak menjual mobil listrik tentu akan ada beberapa indikator pengecekan yang lebih dibandingkan dengan mobil berbahan bakar fosil. Namun menurutnya, selama ini Focus Motor sudah selektif dalam memilih mobil untuk dijual dan memastikan mobilnya dalam keadaan komplet secara service record di bengkel resmi.

Sebagai informasi, saat ini pilihan mobil listrik di Indonesia masih terbatas. Tercatat baru ada dua pabrikan yang bermain di kisaran harga Rp 600-700 jutaan, yaitu Nissan Leaf, Hyundai Kona Electric, dan Hyundai Ioniq. Sedangkan untuk mobil listrik Tesla saat ini baru dijual dengan status datang dari importir umum.



Simak Video "Diskon PPnBM Diperpanjang, Pedagang Mobil Bekas Menjerit"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)