Toyota Corolla Cross JDM, Bagusan Mana sama Punya Indonesia?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 15 Sep 2021 11:38 WIB
Toyota Corolla Cross JDM
Toyota Corolla Cross JDM. Foto: Dok. Toyota Motor Corporation
Jakarta -

Setelah diperkenalkan di Asia Tenggara, Taiwan dan Amerika, Toyota Corolla Cross akhirnya mendarat di Jepang. Toyota Motor Corporation (TMC) resmi memperkenalkan Toyota Corolla Cross khusus pasar Jepang, atau biasa disebut JDM (Japanese domestic market). Tampilannya berbeda dengan Corolla Cross yang dijual di Indonesia.

Toyota Corolla Cross ini telah didesain ulang untuk memberikan tampilan yang lebih tajam dan tegas. Di bagian depan, Corolla Cross JDM ini memiliki grill yang lebih ramping. Grill mesh diletakkan di bagian bawah, sementara grille bagian atas mendapatkan desain heksagonal yang diapit oleh lampu LED baru.

Toyota Corolla Cross JDMToyota Corolla Cross JDM Foto: Dok. Toyota Motor Corporation

Lampu DRL bergaya alis tampak lebih ramping, menyisakan ruang di bagian atas untuk lampu sein LED yang bisa mengedip secara mengalir ala mobil mewah.

Bagian belakang juga telah dirombak. Buntut Corolla Cross JDM ini menampilkan grafis lampu belakang yang sedikit diubah dengan bumper baru yang dibekali strip krom tipis. Sementara di bagian sampingnya, fender, aksen strip di jendela tidak berubah.

Toyota Corolla Cross JDMToyota Corolla Cross JDM Foto: Dok. Toyota Motor Corporation

Interior Corolla Cross JDM masih sama dengan Corolla Cross sebelumnya. Mobil ini menampilkan desain dasbor horizontal yang serupa, sistem hiburan layar sentuh, dan jok yang masih sama. Kabin dilengkapi dengan lampu LED yang memberikan tampilan mewah tapi santai.

Speedometer digital tujuh inchi serta pintu bagasi yang bisa dibuka-tutup tanpa menyentuhnya masih dipertahankan.

Toyota Corolla Cross JDMToyota Corolla Cross JDM Foto: Dok. Toyota Motor Corporation

Corolla Cross di Jepang menghadirkan sistem keselamatan Toyota Safety Sense sebagai standar. Di dalamnya terdapat fitur pengereman darurat otonom dengan deteksi pejalan kaki dan pesepeda, adaptive cruise control, lane centring assist, blind spot monitoring, traffic sign recognition, automatic high beam, pedal misapplication control dan kamera mundur.

Corolla Cross JDM masih mempertahankan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) varian GA-C. Mobil ini mengadopsi suspensi depan MacPherson dan suspensi belakang torsion beam. Pada pilihan Corolla Cross Hybrid, ada sistem E-Four all-wheel drive dengan suspensi belakang double-wishbone.

Opsi mesin Corolla Cross JDM juga sama seperti pasar lain. Antara lain ada pilihan mesin bensin 1.8 liter Dual VVT-i yang ditambahkan valvematic variable valve lift, juga ada versi hybrid yang mengawinkan mesin 2ZR-FE 1,8 liter dan motor listrik. Tipe E-Four mendapatkan tambahan motor listrik di as roda belakang.

Dilengkapi dengan transmisi CVT, Corolla Cross versi mesin bensin menghasilkan angka efisiensi bahan bakar hingga 14,4 km per liter, sedangkan model Hybrid mampu hingga 26,2 km per liter. Selain itu, Corolla Cross Hybrid untuk pasar Jepang juga dilengkapi dengan stopkontak AC 100 volt yang bisa digunakan untuk keadaan darurat.

Di Jepang, Corolla Cross JDM dijual mulai dari 1.999.000 (Rp 259 jutaan) untuk tipe X bensin hingga 3.199.000 yen (Rp 519 juta) untuk varian Hybrid Z dengan sistem E-Four. Harga itu lebih murah dibandingkan Corolla Cross yang dijual di Indonesia dengan harga Rp 463.510.000 sampai Rp 521.480.000.



Simak Video "Teaser - Serunya Road Trip Jakarta-Bali Bersama Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)