Toyota Corolla Cross Versi Amerika: Pakai Mesin 2.000 cc, Harga Rp 316 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 13 Sep 2021 15:56 WIB
Toyota Corolla Cross akan diproduksi di Amerika Serikat
Foto: Response. Toyota Corolla Cross akan diproduksi di Amerika Serikat.
Jakarta -

Toyota Corolla Cross akan dirilis di Amerika Serikat pada Oktober 2021. Corolla Cross versi negeri Paman Sam ini akan mendapatkan pilihan mesin 2.000 cc, dengan harga setara Rp 316 jutaan. Seperti apa ya spesifikasinya?

Seperti dikutip dari Response, Divisi Toyota Motor Corporation AS mengumumkan pada 9 September bahwa mereka akan merilis 'Toyota Corolla Cross' di pasar AS pada Oktober, dengan harga dasar 22.195 USD (sekitar Rp 316,8 juta).

Di Amerika Serikat, Toyota Corolla Cross akan mengisi segmen C-HR dan RAV4. Yang menarik lagi, Corolla Cross versi Amerika akan diproduksi di pabrik Mazda Toyota Manufacturing, yang merupakan perusahaan patungan Toyota dengan Mazda yang didirikan di Huntsville, Alabama, AS.

Di pabrik tersebut, Mazda berencana memproduksi 150.000 crossover baru untuk pasar Amerika Utara. Sedangkan Toyota bakal membuat 150.000 unit Corolla Cross per tahun.

Mesin Toyota Corolla Cross Versi Amerika Serikat

Di Indonesia, Toyota Corolla Cross hadir dengan mesin bensin 1.800 cc, yang dilengkapi teknologi hybrid. Nah, untuk pasar Amerika, kabarnya mobil ini bakal ditawarkan dengan pilihan mesin 2.000 cc.

Toyota Corolla Cross versi AS akan menggunakan mesin bensin 2.0 liter, 4 silinder segaris, Dynamic Force, yang menghasilkan output maksimum 169 dk. Transmisinya pakai direct shift CVT, dengan sistem penggerak FF dan AWD.

Bocoran Fitur

Toyota Corolla Cross versi AS akan dilengkapi layar multi-informasi 7 inch dan layar sentuh multimedia 8 inch, yang bisa menjalankan fitur konektivitas Apple CarPlay dan Google Android Auto. Ada pula fitur pengisian daya nirkabel atau dengan port media USB.

Kelengkapan multimedia menggunakan Audio Plus dengan Remote Connect dan sound system JBL 9-speaker. Konektivitas lainnya adalah langganan uji coba All Access SiriusXM, yang memungkinkan mencoba lebih dari 300 saluran yang dapat diakses secara nasional secara gratis selama tiga bulan.

Kalau bicara desain, Corolla Cross versi Amerika ini cukup identik dengan unit yang dijual di Indonesia. Rangkanya tetap pakai GA-C dari platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Bagian depan mobil ini dilengkapi lampu depan LED dengan aksen hitam dan gril hitam. Sementara di bagian belakang sudah dilengkapi spoiler, antena shark fin, dan lampu rem LED. Velg aluminium tersedia dalam pilihan 17 inch dan 18 inch.

(lua/lth)