Kini Kartu Anggota IMI Bisa Jadi Kartu Debit BNI dan Uang Elektronik

Inkana Putri - detikOto
Sabtu, 11 Sep 2021 09:45 WIB
Bambang Soesatyo & Erick Thohir
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo menandatangani MoU Penerbitan Kartu Kredit Affinity BNI, Kartu Debit Affinity, dan Kartu Tapcash BNI bersama Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.

Bamsoet menyampaikan Kartu Kredit Affinity BNI-IMI menghadirkan desain khusus dengan logo IMI dan berbagai tawaran bagi keluarga besar IMI.

"Pemegang Kartu Kredit Affinity BNI-IMI akan menikmati banyak kemudahan dan keuntungan, antara lain, triple BNI Rewards Point dan cicilan 0 persen hingga 12 bulan untuk transaksi di berbagai merchant otomotif terpilih. Terdapat juga berbagai program promo menarik lainnya seperti diskon, cashback, dan cicilan 0 persen di berbagai merchant yang telah bekerja sama dengan BNI," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (11/9/2021).

Lebih lanjut Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan Kartu Debit Affinity BNI-IMI nantinya akan terhubung dengan rekening Taplus BNI. Selain sebagai media transaksi digital, kartu ini juga menjadi Kartu Identitas Keanggotaan IMI. Adapun setiap kartu debit nantinya akan mencantumkan nomor keanggotaan di bagian depan.

Soal benefit dan kemudahan, Bamsoet menyebut anggota IMI dapat melakukan transaksi di mana saja melalui mobile banking. Mereka juga dapat bertransaksi di berbagai merchant, termasuk platform e-commerce.

"Untuk memiliki Kartu Debit BNI-IMI, dapat dilakukan melalui digital opening account BNI, self service machine opening account (BNI Digi CS), serta dengan datang langsung ke jaringan kantor cabang BNI di seluruh Indonesia. Bagi nasabah yang bertransaksi akan mendapat reward BNI Poin+ yang dapat ditukar dengan e-voucher belanja, mengikuti lelang dan games, serta ditukar dengan kupon untuk mengikuti undian berhadiah," jelasnya.

Di sisi lain, Dirut BNI Royke Tumilaar menambahkan BNI dan IMI juga sepakat menerbitkan kartu TapCash BNI-IMI sebagai uang elektronik. Adapun kartu ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran sekaligus kartu keanggotaan IMI.

Dengan TapCash BNI-IMI, Royke menjelaskan para anggota IMI dapat bertransaksi untuk pembayaran parkir, jalan tol, hingga akses transportasi umum. Mereka juga dapat menggunakan kartu untuk berbelanja di berbagai minimarket dan merchant yang bekerja sama dengan BNI.

"Akseptasi TapCash yang luas juga didukung kemudahan melakukan isi ulang. Pengguna dapat melakukan isi ulang melalui e-channel BNI baik SMS banking, mobile banking, maupun ATM BNI, aplikasi e-wallet/ fintech seperti LinkAja hingga GOJEK, serta di e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan BliBli, serta aplikasi Jenius. Memberikan kemudahan bagi anggota IMI untuk melakukan berbagai macam transaksi harian," pungkasnya.

Sebagai informasi, acara tersebut turut dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid dan Dirut Bulog Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Hadir pula pengurus IMI Pusat, antara lain Badan Pengawas Brigjen Pol Syamsul Bahri dan Jeffrey JP, Badan Pembina Tinton Soeprapto, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, Prasetyo Edi Marsudi, Ricardo Gelael, Sean Gelael, Romi Winata, dan Robert Kardinal, Bendahara Umum Effendi Gunawan, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Wakil Ketua Umum Organisasi M. Riyanto, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Wakil Ketua Umum Event dan Internasional Happy Harinto, serta Komunikasi dan Media Sosial Atta Halilintar.

(mul/ega)